Mohon tunggu...
Rita Wati
Rita Wati Mohon Tunggu... Guru Pembelajar

berawal dari otodidak hingga menjadi profesional

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Rapotan di Masa Pandemi

21 Juni 2020   01:56 Diperbarui: 21 Juni 2020   02:13 230 3 1 Mohon Tunggu...

Tiga bulan sudah pandemi covid-19 melanda negeri kita tercinta, semua  lini merasakan dampaknya termasukn pendidikan.  Kegiatan belajar-mengajar yang dilaksanakan dirumah masing-masing dengan berbagai media daring dan luring termasuk Penilaian Akhir Semester (PAT).

Begitu juga dalam proses penginputan nilai rapot semua dikerjakan melalui media daring dan luring, dimana hampir sebagian besar sekolah-sekolah sudah menggunakan e-rapor yang dikeluarkan secara resmi oleh http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/.

Erapor selain dapat dikerjakan dalam jaringan offline juga dapat dikerjakan dengan online. Dalam penginputan nilai rapor sekolah kami menggunakan kedua cara tersebut online dan offline, yaitu dengan cara memberi jadwal kepada guru-guru yang bekerja dalam jaringan local.

Guru yang mendapatkan jadwal penginputan dengan jaringan local dibagi menjadi 3 sesi dimana setiap sesi hanya terdiri dari 5 orang. Hal ini bertujuan agar tetap mengikuti aturan protocol covid-19, sedangkan bagi guru yang tidak mendapatkan jadwal dapat bekerja menginput nilai dari rumah masing-masing dengan dikirimkan link erapor dari Operator Sekolah (OPS).

Pembagian raport khusus sekolah kami berlangsung pada tanggal 13 Juni 2020 dengan cara menyerahkan hasil rapot secara langsung kepada siswa. Sebelum menyerahkan   jadwal pembagian rapot siswa kelas 7 dan 8  dikirimkan melalui Whatsapp Group (WAG).

Jadwal pembagian raport  dimulai pukul 07.00 dari Kelas 7A , selang 1 jam kemudian kelas 7B dan seterusnya hingga kelas 8G hingga berakhir pada pukul 15.00 Wita. Hal ini bertujuan untuk menghindari siswa berkumpul dalam jumlah yang besar.

Selain itu pelaksanaan protocol covid dimulai sejak siswa memasuki pintu gerbang sekolah, dimana pintu gerbang hanya dibuka  seperempat sehingga siswa yang masuk  antri satu persatu tidak berkerumunan. Setelah melewati pintu gerbang siswa diberikan handsanitizer dan masker yang telah disediakan dari sekolah.  Pembagian rapot ini juga dilaksanakan dilapangan sekolah. Sehingga jarak antar siswa dapat diatur sesuai dengan anjuran protocol covid-19.

Itulah cara sekolah kami dalam pembagian rapot akhir semester tahun pelajaran 2019/2020. Mari kita semua berdoa semoga pandemic ini segera pergi dari bumi pertiwi.

Dalam masa new normal ini mari kita bersama-sama tetap berhati-hati dengan selalu menggunakan protocol covid-19 jika keluar rumah yaitu menggunakan masker, jaga jarak dan selalu membawa handsanitizer dan cuci tangan jika telah memegang suatu benda.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x