Mohon tunggu...
RITA ELVRIDA SITINJAK
RITA ELVRIDA SITINJAK Mohon Tunggu... Guru - GURU

I'm a EnglishTeacher

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Meningkatkan Minat Belajar Siswa Belajar Bahasa Inggris

4 Desember 2022   20:50 Diperbarui: 4 Desember 2022   21:12 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Guru yang disukai murid-muridnya bukan hanya guru yang bisa mentransfer ilmu dengan baik atau mengajar dengan menyenangkan, tapi juga yang dekat dengan siswanya. Hubungan baik antara guru dan murid adalah salah satu poin penting dalam hal belajar-mengajar. Kebanyakan murid butuh kemampuannya untuk dihargai dan dikenali di kelas. Mereka akan lebih semangat belajar jika diberi dukungan dan pujian yang cukup.

 

Guru harus “merayakan” kesuksesan murid yang berhasil diajarnya, karena pendidik adalah salah satu orang yang punya peran penting dalam membentuk cara berpikir anak-anak, terutama yang usianya masih sangat muda. Untuk itu, seorang guru harus juga menguasai ilmu sebagai “motivator” bagi murid-muridnya agar mereka selalu merasa bersemangat.

Mempelajari sesuatu kadang tidak mudah, salah satunya Bahasa Inggris. Tidak jarang siswa merasa patah semangat dan tidak mampu untuk belajar lebih banyak lagi. Guru yang baik, terutama guru bahasa asing, harus menguasai banyak kalimat-kalimat penyemangat dalam bahasa yang diajarkannya. Mereka juga harus kreatif dalam menyampaikan motivasi bagi siswanya setiap hari. Ada banyak cara untuk menyemangati seorang anak, tapi kata-kata yang jujur dan pantang menyerah adalah yang paling mengena untuk siswa – berapapun usia mereka.

Seorang pendidik yang berprofesional dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa. Maka peran pendidik berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, faktor utamanya adalah kunci keberhasilan dalam proses belajar siswa.Dalam hal ini, motivasi belajar siswa amatlah sangat penting bagi pencapaian prestasi belajar siswa serta menjadi kewajiban pendidik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Peran seorang pendidik dalam kegiatan pembelajaran adalah:

 (1) Menjadikan siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Pendidik menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Dalam prakteknya, pendidik memberikan dengan berdialog bersama siswa. Untuk mengetahui siswa memahami materi yang telah dsampaikan, maka dilakukan pemberian tugas. Salah satu keinginan pendidik dalam memotivasi siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran.

 (2) Menciptakan suasana kelas yang kondusif. Sebagai seorang pendidik mampu membuat suasana ruang kelas nyaman, aman, dan mendukung siswa pada proses pembelajaran

 (3) Menciptakan Metode pembelajaran yang bervariasi. Seorang pendidik harus memiliki kreativitas daya cipta dalam metode pembelajaran. Sehingga siswa tidak merasa bosan dan termotivasi untuk belajar. Proses belajar siswa didapat melalui diskusi, audio visual, studi kasus (praktek)dan sebagainya dengan tujuan agar siswa tidak bosan dan tidak jenuh dalam proses belaja.

(4) Meningkatkan antusias dan semangat guru dalam mengajar.Kepedulian seorang guru dalam proses belajar mengajar merupakan faktor yang sangat penting untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Pendidik yang mengajar dengan semangat dan menunjukan ekspresi menyenangkan dalam proses pembelajaran, sehinggaakan termotivasi dalam proses pembalajaran sehingga daya serap siswa menjadi efektif.

 (5) Memberikan reward atau penghargaan. Salah satu strategi pendidik dalam memotivasi siswa adalah dengan memberikan pujian, hadiah, dan nilai.

 (6) Menciptakan aktifitas yang melibatkan seluruh siswa dalam kelas. Kegiatan dalam kelas, hendaknya melibatkan seluruh siswa, agar mereka dapat bekerjasama dalam menerima ilmu pengetahuan dan memberikan gagasan, serta ide saatmenyelesaikan tugas kelompok maupun individu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun