Finansial

Sistem Ekonomi Sosialisme

12 Juni 2018   06:13 Diperbarui: 12 Juni 2018   08:55 448 0 0

A. Pengertian Sistem Ekonomi Sosialisme

Sosialisme, berasal dari kata Sosial, sesuatu yang menyangkut aspek hidup masyarakat, Sosialisme adalah Sebuah doktrin politik yang menekankan pemilikan kolektif dari alat-alat produksi, memberikan suatu peran yang besar pada negara dalam menjalankan perekonomian dengan kepemilikan masyarakat luas (Nationalization) atas industri.

Sistem ekonomi sosialisme adalah sistem ekonomi dimana ekonomi diatur penuh oleh negara. Dalam sistem ini jalannya perekonomian sepenuhnya menjadi tanggung jawab negara atau pemerintah pusat. 

Sistem ekonomi sosialisme muncul pada abad ke-19 dipelopori oleh Karl Max. Sistem ekonomi muncul karena bentuk kritik dari sistem ekonomi kapitalisme yang memberikan kebebasan kepada rakyat sehingga perekonomian tidak merata, yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin melarat. 

Oleh karena itu sistem ekonomi sosialisme dibentuk untuk meratakan kesejahteraan rakyat dengan pemerintah atau negara yang mengaturnya.

B. Ciri-ciri Sistem Ekonomi  sosialisme
1. Semua alat dan sumber daya dikuasai oleh pemerintah.
2. Hak milik perorangan tidak diakui.
3. Tidak ada kebebasan bagi masyarakat
4. Kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh pemerintah.

C. Kebaikan Sistem Ekonomi Sosialisme

1. Tersedianya kebutuhan pokok

setiap warga negara yang tinggal di suatu negara disediakan kebutuhan pokoknya, berupa makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, dan lain-lain. Penyediaan kebutuhan pokok tersebut diberikan oleh pemerintah.

2. Didasarkan atas perencanaan negara

semua pekerjaan telah direncanakan oleh negara dengan matang dan sempurna sehingga apabila terjadi masalah yang terjadi akan langsung ditangani oleh pemerintah.

3. Negara yang mengelola produksi

semua hal produksi dikelola dan dimiliki oleh negara, sedangkan keuntungan yang diperoleh dipergunakan secara bersama-sama antara rakyat dan pemerintah

4. Pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi, pengangguran dan masalah ekonomi lainnya

5. Pasar barang dalam negeri berjalan lancar

D. Keburukan Sistem Ekonomi Sosialisme

1. Sulit melakukan transaksi

Dalam sistem ekonomi sosialis, transaksi seperti tawar menawar sulit dilakukan oleh rakyat karena harga ditentukan oleh pemerintah

2. Membatasi kebebasan

Rakyat tidak bebas dalam menuangkan pemikirannya karena segala sesuatunya diambil alih oleh pemerintah dan hal tersebut dapat menghambat dalam memperoleh kebebasan berpikir.

3. Mengabaikan pendidikan moral

Dalam mencapai suatu tujuan yang telah ditargetkan di awal, maka dalam memperolehnya dapat mengabaikan pendidikan moral itu sendiri sebab pencapaian kepuasan merupakan tujuan utamanya.