Mohon tunggu...
Risna Nugroho
Risna Nugroho Mohon Tunggu... Blogger

Blogger, Ibu Rumah Tangga, Homeschooler, Chiang Mai, Thailand, tulisan lainnya di blog.compactbyte.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Belajar Gratis di Coursera, Dapat Ilmu dan Sertifikat

13 Mei 2020   17:27 Diperbarui: 13 Mei 2020   17:27 3396 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Gratis di Coursera, Dapat Ilmu dan Sertifikat
Beberapa topik yang ditawarkan gratis sertifikat dari Coursera (Sumber: blog.coursera.org) 

Coursera.org merupakan sebuah platform yang menyediakan kelas belajar dalam jaringan. Sehubungan dengan pandemi Covid-19, Coursera membagikan kursus bersertifikat gratis. Sebelum membahas tentang cara mengikuti kelas di Coursera, saya akan perkenalkan dulu lebih lanjut tentang Coursera

Coursera bekerjasama dengan berbagai universitas dan perusahaan terkenal di dunia. Setiap kelas yang diberikan diajar oleh pengajar profesional. Kelas yang diberikan sangat bervariasi termasuk belajar bahasa, manajemen, bisnis, psikologi, pemrograman, kesehatan, matematika dan logika, seni, sampai pengembangan diri.

Kelas yang ditawarkan di Coursera bisa berupa kelas dengan topik tertentu atau bagian dari spesialiasi (beberapa kelas dengan topik yang sama). Selain tawaran untuk mendapatkan sertifikat dari program spesialisasi, ada juga program untuk mendapatkan gelar magister dari beberapa universitas yang bisa diikuti di Coursera. Kelas-kelas spesialisai dan gelar tentunya tidak gratis, tapi kalau diperhatikan, mereka juga menawarkan untuk bantuan keringanan pembayaran.

Kebanyakan kelas bahasa pengantarnya dalam bahasa Inggris (beberapa ada dalam bahasa Spanyol), jadi untuk dapat mengikuti kelas ini kita perlu mengerti bahasa Inggris, setidaknya untuk mendengarkan dan membaca. Pelajaran diberikan dalam bentuk rekaman video yang dilengkapi dengan subtitle dan beberapa catatan untuk pelajaran tersebut. Kalau kita memang cukup niat untuk belajar, dengan bermodal buka kamus rasanya kita bisa mengikuti kelasnya karena videonya bisa diputar ulang dan tidak terpaku waktu seperti kelas yang memakai aplikasi Zoom.

Sebenarnya saya sudah tahu situs belajar Coursera ini sejak lama. Bahkan tahun lalu saya sudah menyelesaikan dua kelas bahasa Korea gratis di situs tersebut. Tapi, tahun ini saya mengulang mendaftar kelas belajar lagi karena saya ingin mendapatkan sertifikat gratisnya.

Tahun lalu, suami saya juga pernah mengikuti kelas spesialisasi Deep Learning dari Coursera dan mendapatkan sertifikat dengan membayar. Kelas spesialisasi terdiri dari beberapa kursus untuk menguasai sebuah bidang keahlian. Ceritanya pernah dia tuliskan di sini.

Kursus di Coursera dengan sertifikat gratis

Masa pandemi Covid-19 ini, banyak hal digratiskan supaya orang-orang bisa melakukan hal positif selama di rumah saja. Coursera juga termasuk yang memberikan kelas dengan sertifikat gratis untuk 115 dari sekian banyak kursusnya. Ini kesempatan untuk mendapatkan ilmu dan sertifikat gratis dari Coursera.

Ada banyak kursus menarik di sana, berikut ini gambaran dari kelas-kelas yang ditawarkan yang mendapatkan gratis sertifikat.


Kalau Anda tertarik dengan topik yang ada dan ingin mendaftar kelas dengan sertifikat gratis, bisa dilihat daftar lengkapnya di sini. Penawaran ini berlaku sampai akhir Juli 2020. Ketika mendaftar, pastikan melihat banner yang menyatakan Coursera together dan kelas gratis. Kalau tidak muncul bannernya, bisa di-refresh halamannya. Setelah check out kita diberi waktu 180 hari untuk menyelesaikan pelajarannya jika ingin mendapatkan sertifikat.

Kemarin, saya sudah mendapatkan sertifikat dari kelas "First Step Korean" yang diselenggarakan oleh Yonsei University. Walaupun tahun lalu sudah mengambil kelas yang sama, saya sengaja mengulang belajar semua materinya untuk mengingat kembali apa yang pernah dipelajari. Belajar bahasa ini butuh praktik terus menerus, banyak hal yang saya sudah tahu lalu lupa lagi karena tidak digunakan sehari-hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x