Mohon tunggu...
RISKA FEBRIYANTI
RISKA FEBRIYANTI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Islamic Banking Student at UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Manusia Biasa yang Sedang Berproses

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ini Aku dan Pilihanku: Unity in Diversity

4 Maret 2021   20:11 Diperbarui: 4 Maret 2021   20:24 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

INI AKU DAN PILIHANKU : UNITY IN DIVERSITY

Assalamualaikum wr. wb.

Halo teman-teman semuanya. Sudah lama ya saya tidak menulis  artikel. Nah kali ini saya akan  menulis artikel dengan tema "Indahnya Toleransi Umat Beragama". Menurut Tillman yang disebut toleransi adalah sikap saling menghormati, melalui pemahaman untuk tujuan perdamaian. 

Toleransi dikatakan sebagai faktor penting dalam menciptakan perdamaian. Sedangkan definisi dan pengertian agama yang berasal dari bahasa sansekerta, agama dalam bahasa latin disebut religion, agama dalam bahasa barat sekarang disebut religion dan religious, dan agama dalam bahasa arab disebut din. 

Harun Nasution mengatakan bahwa agama dilihat dari isi yang terkandung di dalam muatannya yaitu, menghimpun suatu rangkaian tata cara mengabdi kepada Tuhan, selain itu menurutnya agama merupakan ikatan yang harus dipatuhi dan dipegang. Ada juga definisi agama menurut para ahli lainnya yaitu menurut Hendro Puspito, pengertian agama adalah sistem nilai yang mengatur hubungan antara manusia dengan alam semesta yang berkaitan dengan keimanan.

Toleransi beragama yaitu merupakan perilaku saling menghormati antar kelompok agama. Tidak peduli agama apa yang mereka ikuti, orang harus saling menghormati. Nah, kemarin pada hari senin, 1 Maret 2021 saya telah mewawancarai teman saya yang bernama Alfiah Kamilia Firdaus seorang gadis cantik asal Kediri Jawa Timur kelahiran 4 Februari 2002. 

Saya mengenalnya dari teman saya yang bernama Ita Apriliya. Pada saat pertama kali bertemu dengan Pi'ah (panggilan akrab Alfiah) saya agak sedikit kaget karena Pi'ah datang bersama seorang wanita berjilbab yang ternyata itu adalah saudaranya yang muslim. Lalu ketika sesi wawancara dimulai saya bertanya kepada Pi'ah bagaimana ceritanya kok bisa Pi'ah non muslim sedangkan saudaranya sepupunya sendiri adalah muslim. 

Lalu Pi'ah mulai bercerita bahwa dulu semasa kecil dia dirawat oleh kakek neneknya di Kediri karena orangtua dan kakak Pi'ah di Bogor Jawa Barat sibuk bekerja. Pi'ah dirawat oleh kakek neneknya yang mana kakeknya beragama muslim dan sang nenek beragama kristen. Dulu semasa menikah kakek nenek Pi'ah tetap mempertahankan agamanya masing-masing. 

Sedangkan kedua orangtua Pi'ah dan kakaknya beragama muslim, namun sejak kakek nenek Pi'ah mempunyai anak ke-2 sejak itulah kakek Pi'ah berpindah dari agama islam menjadi kristen hingga sekarang. Karena Pi'ah sedari kecil sudah ikut kakek nenek dan lebih dekat dengan nenek maka Pi'ah mengikuti agama neneknya yaitu Kristen.

Sontak mendengar cerita Pi'ah saya terdiam. Bahkan teman saya Ita dia yang sudah berteman dengan Pi'ah 3 tahun waktu SMK juga baru tau bahwa ternyata seperti itu latar belakang keluarga Pi'ah. 

Saya terdiam kemudian berfikir dan bertanya pada Pi'ah bagaimana ceritanya dia bisa ikut agama neneknya karena biasanya anak lebih dekat dengan sang ibu dan saya juga menanyakan hal apa yang membuat Pi'ah yakin untuk tetap bertahan dengan keyakinannya hingga sekarang berusia 19 tahun. Lalu Pi'ah bercerita bahwa dia sudah yakin dengan apa yang dijalaninya sampai sekarang, dalam agama kristen diajari tentang kasih dan sayang terhadap sesama. Pi'ah juga mengatakan bahwa dia juga sudah nyaman dan yakin dengan agama yang dijalaninya yaitu kristen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun