Media sosial
Kini teknologi di dunia semakin canggih dan mempermudah manusia dalam melakukan segala sesuatu dengan waktu yang efisien. Contohnya adalah media sosial, media sosial merupakan faktor yang penting dalam melakukan interaksi sesama manusia.Â
Menurut Dailey (2009:3) media sosial adalah konten online yang dibuat menggunakan teknologi penerbitan yang sangat mudah di akses dan terukur.Paling penting dari teknologi ini adalah terjadinya pergeseran cara mengetahui orang  membaca dan berbagi berita serta mencari informasi dan konten.Â
Ada ratusan saluran sosial media yang beroperasi di seluruh dunia saat ini dengan tiga besar facebook, Linkedn dan twitter (Badri 2011:132). Media sosial adalah salah satu perkembangan teknologi yang memiliki andil besar dalam memberikan kemudahan manusia untuk berkomunikasi dengan oranglain meski berbeda pulau ribuan kilometer.
Karakteristik Media sosial
Menurut Hadi Purnama (2011:116) media sosial mempunyai beberapa karakteristik khusus diantaranya :
1. Jangkauan (reach) : daya jangkauan media sosial dari skala kecil hingga khalayak global.
2. Aksesbilitas (accesbility) : media sosial lebih mudah diakses oleh publik dengan biaya yang terjangkau.
3. Penggunaan (usability) : media sosial relatif lebih mudah digunakan karena tidak memerlukan keterampilan dan pelatihan khusus.
4. Aktualis (immediacy) : media sosial dapat memancing respon khalayak lebih cepat.
5. Tetap (permanence) : media sosial dapat menggantikan komentar secara instan atau mudah melakukan proses pengeditan.