Mohon tunggu...
Riska Prameswari Putri
Riska Prameswari Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Final Year Educational Physics Student at Sultan Ageng Tirtayasa University

Hello, I'm a beginner writer who always wants to learn and try new things. I will try to create a variety of useful writing content for you ^^

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mau Jadi Mahasiswa Berprestasi? Yuk Intip Tips dan Triknya!

23 Desember 2022   12:00 Diperbarui: 23 Desember 2022   12:16 814
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo mahasiswa baru! Kalian pasti sedang mengalami fase yang cukup sulit kan karena baru saja menginjak bangku perkuliahan? Ada banyak sekali yang ingin dicapai, salah satunya menjadi mahasiswa berprestasi

Menjadi mahasiswa berprestasi adalah suatu pencapaian yang membanggakan. Butuh motivasi dan kerja keras yang kuat. Selain itu, kalian juga perlu tahu loh tips dan triknya. Penasaran kan? Yuk intip tips dan triknya ! 

1. Rutin Review Materi Perkuliahan

sumber: Pinterest
sumber: Pinterest

Menjadi mahasiswa bukan hanya sekedar datang ke kampus saja. Akan tetapi, mahasiswa juga harus paham akan ilmu yang dipelajarinya dan dapat memberi ilmu itu untuk masyarakat. 

Pembelajaran di dunia perkuliahan tentunya jauh berbeda dengan saat di bangku sekolah dulu. Saat kuliah, dosen hanya menyampaikan materi-materi inti dengan cepat dan kerap kali tidak menjelaskan detail sehingga kita sebagai mahasiswa harus bisa belajar sendiri lagi dirumah agar lebih paham dan tidak ketinggalan pelajaran. 

Biasakanlah, sebelum masuk kampus sudah aktif menyiapkan materi yang akan dipelajari nantinya. Jangan lupa juga untuk membaca dan mengulang kembali apa yang sudah dipelajari di kampus agar ilmu dan pemahamannya dapat tahan lama di otak.

2. Miliki Mentor yang Hebat

sumber: Edwardjones.com
sumber: Edwardjones.com
Tiap mahasiswa berprestasi pasti memiliki mentor hebat yang selalu ada di sampingnya. Mentor bisa didapatkan dengan membangun hubungan yang baik dengan dosen atau mahasiswa berprestasi sebelumnya.

Pilihlah seseorang yang bersedia menjadi mentor selama di dunia perkuliahan. Mentor yang hebat bisa ditemukan dimana saja. Oleh karena itu, kalian harus banyak bersosialisasi dan jangan hanya terfokus dengan belajar saja jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi. 

3.  Asah Soft Skill

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun