Mohon tunggu...
Risda Putri Indriani
Risda Putri Indriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hai! Panggil saya Risda !

Islam - Biologi - Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Ayo Buang Sampahmu di Unit Pengelola Daur Ulang Ini!

1 Agustus 2021   06:00 Diperbarui: 1 Agustus 2021   06:15 108 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayo Buang Sampahmu di Unit Pengelola Daur Ulang Ini!
Sumber gambar: Wikimedia/Nadine3103

Setiap hari pasti kita menghasilkan sampah, mulai dari sampah plastik, sampah kertas, sampah makanan, dan lainnya. Namun, apakah kamu pernah berpikir, sampah ini akan berakhir dimana? 

Dan akan menjadi apa? Ajakan untuk melakukan 5R sudah digaungkan sejak di sekolah, namun apakah kamu sudah mengimplementasikannya dengan baik ? Sebagai pengingat, 5R adalah singkatan dari Reuse (pemakaian kembali), Reduce (mengurangi), Recycle (daur ulang), Recovery (proses perolehan kembali) dan Repair (memperbaiki).

Proses daur ulang adalah pemanfaatan sampah yang diubah menjadi barang baru yang dapat digunakan kembali. 

Daur ulang adalah proses yang sangat bermanfaat dengan signifikan dalam mengurangi sampah, terutama sampah plastik. Sekarang banyak pengusaha sampah yang membuat perusahaan daur ulang sampah, sehingga masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam mengumpulkan sampah tersebut!

1. Waste4Change

Logo Waste4change. Sumber: waste4change.com
Logo Waste4change. Sumber: waste4change.com

Waste4Change adalah perusahaan daur ulang yang terdapat di Bekasi dan Siduarjo. Kamu bisa mengirimkan sampah kertas (HVS, karton, koran, majalah, kardus, dll), sachet multilayer (kemasan multilayer antara plastic dan alumunium sebagai pembukus makanan), plastic (botol plastic, plastic bernomor 1-7),  kaca, metal (kaleng, besi, seng, dll).

Sebelum mengirimkan sampah tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan seperti cuci dan keringkan sampah, remas botol plastic, lipat kertas dan karton supaya ukurannya lebih kecil. 

Kemudian pisahkan sampah tersebut berdasarkan jenisnya agar memudahkan untuk pemilahan. Untuk pengiriman, kamu bisa registrasi dulu di website Waste4Change agar sampah kamu terlacak dengan baik!

2. Mall Sampah

Logo MallSampah. Sumber: mallsampah.com
Logo MallSampah. Sumber: mallsampah.com
Mall sampah juga mengumpulkan sampah dari masyarakat maupun perusahaan untuk di daur ulang. Sampah yang diterima oleh mall sampah seperti kertas, plastic, alumunium, besi dan logam, elektronik, botol kaca, dan minyak jelantah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x