Mohon tunggu...
Risa Raisa
Risa Raisa Mohon Tunggu... penulis pemula

tugas menulis pkb

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pendidikan Karakter di Sekolah

22 Oktober 2019   10:47 Diperbarui: 22 Oktober 2019   11:04 0 0 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan karakter di sekolah saat ini sedang gaung dicanangkan oleh pemerintah. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan kurikulum 2013 yaitu PPK (Penguatan pendidikan Karakter). Karakter memang sejatinya perlu dibentuk sejak dini, mulai dari rumah, sekolah hingga ke masyarakat.

Pendidikan karakter di rumah bisa dimulai dari jadwal anak ketika bangun pagi. Anak yang sudah terbiasa bangun pagi tidak akan mengeluh ketika ia harus bangun awal karena pergi sekolah. Di sekolah, guru biasanya meminta anak berbaris terlebih dahulu hingga rapih sebelum masuk ke dalam kelas.

Hal ini dikarenakan guru ingin menerapkan karakter disiplin pada anak. Jam masuk sekolah pukul tujuh tepat juga melatih anak agar terbiasa bangun pagi sehingga tidak akan datang terlambat ke sekolah.

Setelah masuk ke dalam kelas, sebelum belajar biasanya guru mengajak seluruh siswa untuk berdoa terlebih dahulu. Hal ini menanamkan karakter religius pada anak agar anak terbiasa berdoa sebelum melakukan kegiatan. 

Pada saat pembelajaran berlangsung, siswa biasanya akan diberikan tugas untuk dikerjakan. Tentunya, jika itu adalah tugas mandiri maka siswa tidak diperbolehkan untuk mengerjakan bersama-sama. Hal ini merupakan bentuk latihan bagi anak agar memiliki karakter bertanggung jawab pada tugasnya sendiri.

Ketika sekolah usai, biasanya siswa akan melaksakan jadwal piket sesuai kelompok yang telah disepakati bersama. Ada yang menyapu, ada yang mengepel, ada yang merapikan kursi dan meja, ada yang menghapus papan tulis dan sebagainya. Hal ini merupakan tanggung jawab kelompok sehingga mereka membagi pekerjaan yang tidak mungkin diselesaikan oleh satu orang saja dalam waktu singkat. Pembagian tugas piket mengajarkan siswa untuk bekerja sama dan bergotong royong sehingga dalam dirinya akan tertanam karakter untuk senantiasa bergotong royong.

Pendidikan karakter di sekolah memang hanya bagian dari pendidikan karakter yang diterapkan di rumah maupun di sekolah. Namun, pembiasaan yang baik tentu akan membuahkan kebiasaan yang baik pada diri siswa sehingga diharapkan siswa dapat menerapkan pendidikan karakter yang diterimanya dalam kehidupannya.