Mohon tunggu...
Rio aji Saputra
Rio aji Saputra Mohon Tunggu... Editor - Karyawan swasta
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

voli,bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pentingnya Menjaga Pola Hidup Sehat agar Terhindar dari Asam Urat

23 Desember 2022   11:09 Diperbarui: 23 Desember 2022   11:14 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Jika tidak diobati, asam urat akan berdampak negatif pada tubuh. Penyakit asam urat atau gout merupakan sebuah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Penyakit ini disebabka oleh beberapa faktor, yaitu gaya hidup yang tidak sehat, genetik, dan jenis kelamin. Perlu diketahui bahwa laki-laki memiliki risiko lebih tinggi terjangkit penyakit asam urat dibandingkan wanita.

Jika gejala asam urat dibiarkan tanpa adanya tindakan pengobatan, penyakit ini mungkin saja menimbulkan komplikasi. Asam urat dalam darah yang dibiarkan berlebihan dapat membentuk kristal padat di dalam sendi. Kristal asam urat tersebut dapat menimbulkan berbagai penyakit atau kondisi berbahaya lainnya.

Bahaya asam urat jika tidak diobati dapat mengakibatkan batu ginjal. Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh akan membentuk kristal yang dapat menghambat kerja dari ginjal. Selain itu,

ketidakmampuan ginjal dalam mencerna dan mengeluarkan asam urat dari tubuh akan berakibat fatal. Salah satunya adalah munculnya gejala gagal ginjal.

Saya rezi saya dulu penderita asam urat, saya anggap asam urat adalah penyakit yang sepele jadi saya mengabaikan nya.

ya saya sadari itu adalah kesalahan terbesar saya, hingga asam urat sangat mengganggu aktivitas harian saya dan kehidupan saya,

saya disini akan berbagi cerita sedikit tentang asam urat saya, sebelum terkena asam urat saya dulu bekerja sebagai kuli bangunan sering angkat berat.

memang saya dulu sering tidak memperhatikan pola hidup sehat suka makan makan yang mengandung banyak purin seperti daging merah,jeroan, dan jenis jenis hidangan lau.

ya setelah setahun berlalu saya terkena asam urat yang lumayan tinggi hingga mengangggu aktivitas harian , saya susah untuk bekerja dan menafkahi keluarga saya

hingga berbagai pengobatan saya lakukan agar asam urat tidak kambuh lagi , tapi saya dapat info dari teman saya dia juga penderita katanya sih ada susu herbal yang

benar benar dapat mengatasi asam urat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun