Mohon tunggu...
Rinto F. Simorangkir
Rinto F. Simorangkir Mohon Tunggu... Seorang Pendidik, suami dan ayah bagi kedua anak saya, suka baca buku, menulis, traveling dan berbagi cerita dan tulisan

Seorang muda yang berharap Indonesia menjadi bangsa yang besar, bermartabat dan diakui..melalui karya dan kerja nyata...pengen menjadi penulis novel inspiratif (lagi otw) web : http://rintoartikel.blogspot.co.id/ https://profits1asik.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Kontroversi Trump dan "Shutdown" Pemerintahan Akibatkan Mundurnya Amerika?

24 Desember 2018   12:05 Diperbarui: 24 Desember 2018   12:43 0 3 0 Mohon Tunggu...
Kontroversi Trump dan "Shutdown" Pemerintahan Akibatkan Mundurnya Amerika?
sumber : express.co.uk

Memasuki penghujung tahun 2018, pemerintahan Presiden Amerika Donald Trump akhirnya resmi ditutup tepat pada Sabtu (22/12/2018) kemarin. Dan ini menjadi peristiwa ketiga kalinya terjadi pada masa pemerintahan Donald Trump. 

Dan ketiganya terjadi di tahun 2018 ini. Penutupan pemerintahan ini terjadi karena ketiadaan kata sepakat antara anggota dewan yang pro pemerintahan, yakni Partai Republik, dengan para dewan yang kontra pemerintahan, yakni Partai Demokrat.

Apalagi ditambah dengan pemilu paruh ke dua yang baru dilaksanakan waktu lalu di Amerika, ternyata Partai Demokrat yang akhirnya keluar sebagai pemenang dan merekalah kini yang dominan menguasai parlemen di Amerika saat ini. Maka hal ini semakin mempersulit langkah Trump di dalam melobi parlemen untuk segera menyetujui anggaran yang diajukan olehnya.

Dan terbukti kini dimana seperti yang dilansir oleh kompas.id (23/12/2018), ketidaksepakatan itu terjadi karena rencana Trump yang hendak segera merealisasikan pembangunan tembok pemisah di perbatasan Amerika-Mexico. Supaya kaum imigran tidak seenaknya saja masuk ke tanah Amerika.

Bahkan penutupan ini diakui akan terjadi sampai pada batas waktu yang tidak ditentukan, artinya mungkin lebih dari batas waktu kewajaran penutupan pemerintahan yang hanya berkisar 8-12 hari saja. 

Tapi hal ini sangat berdampak bagi para pegawai negeri Amerika. Pasalnya di moment natal dan tahun baru ini, tentu pengeluaran para pegawai ini jauh lebih melonjak dari pada biasanya.

Maka ketika penutupan pemerintahan Trump saat sekarang ini tentu akan berdampak kepada ketiadaan gaji untuk diterima mereka pada bulan Natal maupun ketika akan menjelang momen tahun baru ini. Sebab anggaran untuk mereka melakukan tugas keseharian mereka sebagai pelayan publik Amerika tentunya tidak ada.

Bangun Tembok Raksasa

Salah satu janji kampanye Donald Trump yang penuh kontroversi yakni ketika beliau berjanji akan membangun tembok pemisah di sepanjang perbatasan Amerika-Mexico. 

Tidak mengerti apakah maksud pembangunan dan tujuan yang sebenarnya jika hal ini direalisasikan. Tidak mengerti juga apakah dengan pembangunan tembok ini merupakan salah satu janji yang membuat warga Amerika akhirnya dominan memilih beliau pada pemilihan di tahun 2016 yang lalu?

Tapi jika melihat sejarahnya, apakah pembangunan tembok pembatas efektif untuk mengurangi supaya tidak berbaurnya satu wilayah dengan wilayah yang lain? Atau betulkah efektif tembok pemisah itu bisa betul-betul mengamankan suatu bangsa dari proses masuknya imigran gelap?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x