Mohon tunggu...
Rini Wulandari
Rini Wulandari Mohon Tunggu... Guru - belajar, mengajar, menulis

Guru SMAN 5 Banda Aceh http://gurusiswadankita.blogspot.com/ penulis buku kolaborasi 100 tahun Cut Nyak Dhien, Bunga Rampai Bencana Tsunami, Dari Serambi Mekkah Ke Serambi Kopi (3), Guru Hebat Prestasi Siswa Meningkat

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Artikel Utama

7 Cara Frugal Living Siasati Baju Lebaran: Kreatif Padu Padan Yes, Beli Baju Baru, No!

14 Maret 2024   12:46 Diperbarui: 21 Maret 2024   12:12 1837
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi berlebaran dengan padu padan sumber gambar vivify.com.my

Lebaran nggak pake baju baru, masa iya? Kan cuma setahun sekali belanjanya, hari spesial lagi. Anggap saja sedang "menghargai" diri sendiri karena berhasil keluar dari "tantangan" Ramadhan. Tapi jika ada alternatif kreatif yang bisa mewujudkan stylish baru berlebaran tanpa perlu beli baru, mengapa tidak?

"eh, sudah berapa baju lebarannya?", biasanya ibu-ibu suka berbasa-basi kalau ketemu teman atau keluarga kenalannya. Bagi anak-anak sih, punya baju lebaran sepertinya "wajib". Mungkin ada ibu-ibu yang bilang, apa kata tetangga kalau lihat anak-anak kita nggak berbaju lebaran. Ditambah lagi anak-anak biasannya saling menyombongkan diri soal baju lebarannya.

Tapi bagi yang sudah remaja apalagi lebih dewasa usianya, memikirkan baju lebaran tak lagi se-urgen saat masih bocah. Paling tidak dengan kesadarannya soal sosial ekonomi, atau pengetahuannya soal mode bisa memberinya jalan keluar yang lebih cerdas untuk memikirkan outfit saat lebaran.

Ilustrasi remaja berlebaran dengan pasu padan outfit sumber gambar freepik-tirto.id
Ilustrasi remaja berlebaran dengan pasu padan outfit sumber gambar freepik-tirto.id

Tak mesti harus baru, tapi juga harus tetap modis. Apalagi kini begitu banyak situs yang menawarkan padu padan atau kombinasi baju-baju lawas yang dimodifikasi dengan beberapa tambahan aksesoris bisa menampilkan "wujud" yang kekinian dan modis.

Jikalaupun memaksa harus membeli, paling hanya sekedar untuk melengkapi padu padan yang dikombinasikan dengan koleksi baju lawasnya yang masih up date.

Terutama ketika mode atau style saat ini juga mulai "kembali ke asal" (back to nature) ke mode pakaian yang menampilkan gaya lawas. Sehingga tak jarang remaja sekarang justru membongkar lemari ibunya dan mencari out fit lawas yang sekarang makin menjadi trend kekinian.

Anak gadis saya mungkin salah satu yang jadi "korban" atau justru sebaliknya menjadi "penganut" kreatifitas baru outfit yang justru membantu keuangan keluarga. 

Ilustrasi padu padan baju lebaran sumber gambar suara.com
Ilustrasi padu padan baju lebaran sumber gambar suara.com

Pakaian lebaran yang simple siapa tahu ada di koleksi lawas yang bisa di up date lagi sumber gambar pramborsfm
Pakaian lebaran yang simple siapa tahu ada di koleksi lawas yang bisa di up date lagi sumber gambar pramborsfm

Cerdas Menyiasati Outfit Lebaran biar tetap stylish

Tidak membeli baju baru untuk Lebaran bukanlah akhir dari dunia. Sebaliknya, itu bisa menjadi kesempatan untuk membebaskan kreativitas kita dalam berpakaian. 

Dengan memanfaatkan aksesori, layanan mix and match online, proyek DIY, tukar pakaian dengan teman, dan memanfaatkan pakaian serbaguna, kita masih bisa tampil stylish tanpa harus merogoh kocek lebih dalam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun