Mohon tunggu...
Rini DST
Rini DST Mohon Tunggu... Seorang ibu, bahkan nini, yang masih ingin menulis.

Pernah menulis di halaman Muda, harian Kompas.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Mbah Dukun IAn di Kaki Gunung Kelutuk

25 Oktober 2020   19:45 Diperbarui: 25 Oktober 2020   22:19 261 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mbah Dukun IAn di Kaki Gunung Kelutuk
Desain oleh Rini DST, menggunakan Canva. Mbah Dukun IAn - Iphone Android

Sekar sebenarnya tidak terlalu tahu, tentang iphone vs android. Cuma tahu iphone adalah operating system (OS) untuk smartphone yang dibuat oleh Apple. Sedangkan Android adalah OS untuk smartphone yang dibuat oleh Google. 

Katanya ada lagi jagoan yang mengeluarkan OS untuk smartphone, yaitu Microsoft. Jadi persisnya ada OS iphone buatan Apple untuk smartphone Iphone, ada OS windows buatan Microsoft untuk  Windows phone, dan OS Android buatan Google untuk smatphone bermacam-macam. Ada Samsung, Oppo, Asus dan lain-lain

Entah mengapa Windows phone jarang disebut-sebut. Jadinya mana lebih keren ya, antara Iphone atau Android? Sekar benar-benar tidak  mengerti iphone vs android. Dia tahunya ada mbah dukun IAn, mbah dukun Iphone vs Android.

***

Di kota Kitir, desa Watu Gepeng, persis di seberang kaki gunung Kelutuk hiduplah mbah dukun IAn. Sakti benar dalam membereskan perjodohan, baik yang urusan mencari atau pun yang bermasalah. 

Katanya tepat di seberang makam di kaki gunung Kelutuk, ada gang kecil yang hanya bisa dilewati motor. Masuk saja di situ, jalannya datar. Nanti belokan ke-3 belok kanan. Nah di sini jalannya agak menurun, dan ambil yang melengkung ke kiri. Ketemu simpang tiga, ambil jalan paling kanan. Di sini jalannya menanjak dan melengkung ke kanan. Kalau sudah ketemu perkampungan, cari rumah mungil yang halaman depannya ada pohon Gardenia Kuning.

Pada pagar tergantung papan yang bertuliskan : 

Mbah dukun IAn.

Praktek jam 8.00 - 17.30.

Libur : Rabu, Jumat, Sabtu, Minggu.

Jadi sebetulnya mbah dukun IAn hanya praktek pada hari Senin, Selasa dan Kamis. Pakai berbelit-belit cara menjelaskan, apakah maksudnya dukun  humor

Tamunya sudah pada datang sejak sekitar jam 6.00. Mereka harus antri menunggu di depan pagar, dekat papan nama. Pagar dibuka pada jam 7.30 oleh seorang asisten, tamu menyerahkan telur dan jahe sambil menerima nomor antrian.

Banyak tamu yang cocok. Kebanyakan ibu-ibu muda sampai sedang. Jarang terlihat ada bapak-bapak. Mbah dukun IAn sendiri mempunyai 5 asisten, laki-laki semua. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x