Mohon tunggu...
Rini Lestari Rajagukguk
Rini Lestari Rajagukguk Mohon Tunggu... Mahasiswa STT HKBP Pematang Siantar..

Menulis Apa adanya. Senang memperhatikan keadaan sosial.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Masihkah Kasih Sayangmu Seperti Kemarin?

8 Maret 2021   08:46 Diperbarui: 8 Maret 2021   09:32 45 6 0 Mohon Tunggu...


Ditulis : Senin, 15 Februari 2021
Oleh : Rini Lestari Rajagukguk

Banyak pemuda yang menunggu-nunggu hari valentine atau yang sering juga disebut dengan hari kasih sayang. Kemarin, tepat pada hari Minggu 14 Februari 2021 bertepatan adalah perayaan hari Valentine. banyak kegiatan anak muda, bukan sesama anak muda saja.         Tetapi, orangtua dan anak-anak mereka ada juga yang turut merayakannya.

Bila kita melihat dari sejarahnya, yang dilansir di Wikipedia hari Valentine atau disebut juga hari kasih sayang diartikan sebagai sebuah hari saat para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di (dunia Barat).  Namun, bukan hanya itu saja. Di masa sekarang ini, perayaan itu tidak hanya tentang pasangan kekasih yang saling menyatakan kasih sayangnya. Bahkan yang berteman atau bersahabat juga merayakannya dengan amat gembira dan bahagia.

Kemarin, penulis mengamati banyak status atau story dan kiriman obrolan di WA, Facebook, Instagram, Tweeter dan media sosial lainnya  berisi ucapan selamat hari valentine. Namun, yang menarik dari ucapan-ucapan itu ialah banyak perbedaan pandangan. Ada yang mengatakan hari valentine itu adalah sekedar perayaan kasih sayang semata dalam artian mereka ingin mengungkapkan bahwa setiap hari adalah hari kasih sayang, jadi hari valentine hanyalah simbol. 

Ada juga yang berpendapat bahwa hari valentine itu hari perayaan cokelat. Karena memang pada umumnya perayaan valentine identik dengan pemberian cokelat. Banyak ucapan   selamat hari kasih sayang kepada orangtua, teman, sahabat ataupun kerabat-kerabatnya. Ada yang dengan persiapan yang cukup lama, ada yang seminggu sebelum perayaan Valentine untuk mempersiapkan kado kepada orang-orang yang dikasihinya. 

Memang, perayayaan itu cukup meriah dan membahagiakan bagi sebagian orang. Dari semua itu, kita melihat beragam cara dan usaha seseorang dalam merayakan hari kasih sayang atau hari valentine itu.

Namun, menjadi pertanyaan apakah hari valentine itu hanya perayaan semata dan hanya disadari untuk memberikan kasih sayang di hari itu saja? Tentu tidak. 

Kasih sayang seharusnya ada setiap waktu dan berkelanjutan. Hubungan yang baik harus dibarengi kasih sayang. Jika, pertemanan atau persahabatan tanpa kasih sayang, bagaimana jadinya? Tentu tidak akan berjalan dengan lama dan dengan bahagia.  Sebab pada pengertiannya kasih sayang merupakan salah satu nilai keluhuran yang bisa mengalirkan semangat, dan diperlukan untuk menjaga hubungan sehingga saling mengisi menuju individu-individu yang dapat saling bekerjasama dan bermakna bagi banyak pihak.

Jika setiap manusia selalu dipenuhi rasa kasih sayang terhadap yang lain, maka tidak akan ada lagi prasangka buruk, kebencian, kemarahan, dan prasangka negatif lainnya (Amini:2008, 100-101).  

Selamat memberi kasih sayang setiap hari, baik kepada kekasih, sahabat, kerabat dan juga kepada keluarga. Tetaplah engkau mengasihi seperti kemarin.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x