Mohon tunggu...
RINI HANDAYANI
RINI HANDAYANI Mohon Tunggu... Guru - TK Pertiwi II Bangkle

Dengan belajar akan menambah pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kegiatan Belajar Matematika Anak Usia Dini

28 Juli 2021   15:18 Diperbarui: 28 Juli 2021   15:25 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kegiatan belajar matematika diperlukan untuk mengatasi persoalan yang terjadi dalam kehidupan anak sehari-hari.Cara berfikir matematis di butuhkan untuk menganalisisa berbagai persoalan dengan belajar matematikab akan bermanfaat bagi perkembangan intelektual,meningkatkan rasa percaya diri anak,berani beragumentasi dan mampu menyelesaikan masalah.

Belajar matematika bukan hanya sekedar membahas angka dan bilangan yang mungkin orang berfikirnya seperti itu,namun belajar matematika lebih dari itu karena mencakuptentang ukuran (measurement),bentuk bangun (geometri),bilangan (number),pola (patterns) dan problem solving.

matematika adalah ilmu tentang pola dan hubungan/ilmu tentang logika mengenai entuk,susunan,besaran dan konsep-konsep yang berhubungan antara satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak dan terbagi ke dalam tiga bidang yaitu aljabar,analisa dan geometri.Matematika juga diartikan pola pikir,pola mengorganisasikan,pembuktian yang logis.

Pembelajaran matematika untuk anak usia dini sebaiknya,berikan kesempatan kepada anak untuk berinteraksi dengan benda atau objek secara langsung,memberikan kesempatan pada anak untuk mendengarkan kata yang menunjukkan nama,proses atau kejadian,memberikan kesempatan pada anakuntuk mengamati gambar yang dibuat bermain,anak juga diberikan kesempatan untuk mengenal simbol(tulisan) dalam kegiatan bermainnya,ajaklah anak untuk mendiskusikan proses yang akan dilaluinya pada saat bermain.

Agar anak dapat mengetahui dasar-dasar pemelajaran berhitung dalam suasana yang menarik,aman,nyaman dan menyenangkan sehingga anak akan memiliki kesiapan dalam mengikuti pembelajaran matematika yang sesungguhnya disekolah.

Dalam kegiatan belajar konsep mengelompokkan anak dapat melakukan pengamatanterhadap benda yang ada disekitarnya,anak dapat menemukan beberapa benda kemudian memisahkannya menjadi satu kelompok tersendiri,Kegiatan mengurutkan yaitu membandingkan lebih dari dua benda atau situasi kemudian diurutkan berdasarkan ciri-cirinya,pada saat mengurutkan anak melakukan proses mencari persamaan,mengelompokkan kemudian diurutkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun