Mohon tunggu...
Rinabi Tanamal
Rinabi Tanamal Mohon Tunggu... Sharing Ideas and experiences through writing...

Dosen Senior di Universitas Ciputra di School of Information Technology dan School of Entrepreneurship

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Bayar Uang Kuliah Selama Kuliah! Apa Bisa?

27 Mei 2021   18:33 Diperbarui: 27 Mei 2021   18:38 63 0 0 Mohon Tunggu...

Menjadi seorang mahasiswa bukan hanya sekadar masa transisi dari SMA ke bangku kuliah, tetapi juga mahasiswa dituntut untuk belajar menjadi sosok yang mandiri dan bertanggung jawab. 

Dalam hal keuangan mahasiswa harus bijak dalam mengelola uang jajan yang diberikan oleh orang tua kepada mereka. Masalah bertambah jika mahasiswa harus ngekos untuk menempuh pendidikan di bangku perkuliahan, mahasiswa harus pandai-pandai menyisihkan uang untuk keperluan sehari-hari dan untuk kegiatan perkuliahan. 

Jangan sampai kalian sebagai mahasiswa tidak mengetahui skala prioritas untuk keuangan kalian sendiri sehingga kalian tidak segan untuk meminta uang tambahan ke orang tua kalian, tentu ini akan menambah beban orang tua kalian.

Sebagai seorang mahasiswa, kalian juga harus memikirkan untuk menjadi seorang mahasiswa yang bertanggung jawab dan mandiri. Di zaman sekarang peluang usaha sangatlah luas untuk kalian menambah uang jajan sehingga kalian dapat meringankan beban orang tua. Tak perlu harus menyewa kios atau ruko agar kalian bisa mencari uang tambahan. 

Di zaman yang serba modern ini, kalian cukup mempunyai koneksi internet saja untuk bisa menghasilkan uang dari rumah atau kos-kosan. Jadi apa yang seharusnya kalian lakukan untuk bisa mencari uang tambahan jajan tersebut?

  • Menjadi Freelancer

Di masa sekarang, menjadi seorang freelancer bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk mahasiswa. Mengasah skill professional sejak bangku kuliah penting bagi seorang mahasiswa karena sangatlah berguna untuk karir ke depannya. 

Dengan membangun portofolio dan pengalaman yang menarik akan menjadi value dalam CV kalian. Banyak sekali website-website untuk kalian jika ingin menjadi freelancer seperti fastwork.com, upwork.com, project.co.id, fiverr.com dan masih banyak lagi. 

Oleh karena itu, mulai sekarang kembangkan skill yang kalian punya sehingga dari skill tersebut dapat kalian jual kepada perusahaan yang membutuhkan. Mengingat pada masa sekarang juga banyak startup-startup yang bermunculan, ini akan menjadi ladang bagi kalian untuk menambah penghasilan.

  • Menjadi Dropshipper atau Reselller 

Menjadi reseller atau dropshipper adalah cara paling mudah untuk berbisnis secara online. Jika kalian menjadi Dropshipper kalian akan mendapatkan uang dari produk yang berhasil kalian jual kepada konsumen, keuntungan didapat dari margin harga yang telah disepakati dengan pemilik setiap produk. 

Cara ini merupakan cara yang lebih mudah dibandingkan kalian menjadi reseller, kalian tidak perlu membeli barang atau produk untuk dijual. Kalian hanya perlu membuka akun di berbagai marketplace yang ada. Ketika ada transaksi, maka pihak pemilik produk akan memproses dan mengirimkan barangnya melalui marketplace yang kita gunakan tadi. 

Yang perlu kita lakukan adalah promosi melalui social media agar produk yang kalian jual dapat diketahui oleh banyak orang dan dari situ kalian hanya mencari pasarnya saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN