Mohon tunggu...
Rina Darma
Rina Darma Mohon Tunggu... Penulis - Ibu Rumah Tangga

Happy Gardening || Happy Reading || Happy Writing || Happy Knitting^^

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Ngabuburit dengan "Alphabet Flanel"

4 Mei 2020   23:25 Diperbarui: 4 Mei 2020   23:23 298
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berkreasi dengan "Alphabet Flanel" (Foto: Koleksi Pribadi)

Pandemi Corona membuat kita diam di rumah. Namun, bukan berarti selama Ramadhan tak bisa ngabuburit. Momen menunggu berbuka puasa tak melulu harus di luar rumah. Karena di rumah ada dua krucil, maka ngabuburit saya tak jauh-jauh dari mereka.

Ibarat sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Bermain sekaligus belajar sembari ngabuburit. Sebelum memasak, saya akan berkegiatan bersama mereka. Mainan yang lagi mereka sukai adalah membuat prakarya dari kain flanel.

Untuk tutorialnya, saya mengadaptasi dari buku "Mainan dari Flanel" yang disusun oleh Yulina Setianingsih. Aktivitas ini dapat mengasah kreativitasnya. Proses menjiplak, menggunting, dan menempel dapat meningkatkan kemampuan motorik anak. Warna-warni dari kain flanel dapat mengembangkan kemampuan visual anak.

Selain dari sisi anak, berkegiatan bersama anak dapat meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Momen-momen seperti ini sayang untuk dilewatkan. Kata teman saya, waktu kecil anak-anak akan segera berlalu dan tak akan terulang. Sehingga harus bisa memanfaatkan setiap momen berharganya.

Dua bocah semakin bersemangat karena mereka terlibat dari prosesnya. Saya sengaja tidak langsung memberikan hasil jadi prakarya ini. Saya mengarahkan dan membantu jika kesulitan. Untuk Kakak, dia sudah bisa menjiplak huruf dan menggunting. Walaupun hasilnya masih kasar. Aktivitas Abang yang masih tiga tahun lebih banyak "kepo" dan mengikuti yang dilihatnya.

Ketika selesai mengerjakan, saya pun tak lupa memuji hasil kinerjanya. Menurut psikolog anak, memberikan pujian ini sangat penting karena bisa menumbuhkan kepercayaan diri pada anak. 

Tingkat kepercayaan diri ini menurut saya sangat penting dalam mendukung prestasi anak di masa depan. Anak yang tingkat percaya dirinya lebih tinggi akan lebih sukses dibanding anak yang minder.

Hasil potongan flanel kemudian ditempelkan ke flanel board. Flanel Board pun saya buat sendiri memanfaatkan kertas duplex bekas. Kemudian, ditempel flanel dan antara duplex diberi pita satin sebagai penyangga.

Ohya, jika ada yang ingin membuat prakarya ini juga sangat mudah. Bahan utama yang dibutuhkan hanya kain flanel. Semakin banyak warna semakin baik. 

Kebetulan di rumah hanya ada empat warna, sebenarnya ingin membeli lagi tapi karena anjuran #DiRumahSaja lebih baik ditunda dulu ke toko kerajinannya. Alat yang dibutuhkan adalah gunting dan lem kebetulan saya menggunakan lem tembak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun