Mohon tunggu...
rike mif farokah
rike mif farokah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya menyukai warna kuning

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Pentingnya Pendidikan Seks Sejak Dini

5 September 2022   16:57 Diperbarui: 5 September 2022   16:58 85 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Akhir-akhir ini kasus pelecehan seksual semakin marak terjadi disekitar kita, tak pandang bulu, sekarang juga marak peecehan seksual yang korbannya adalah anak-anak dibawah umur dan mirisnya hal tersebut dilakukan oleh orang terdekat. Maka dari itu penting bagi anak untuk dibekali dengan pengetahuan tentang seks sejak dini, agar anak dapat menghindari perlakuan-perlakuan menyimpang. Sayangnya masih banyak orang tua yang enggan memberikan pengetahuan tenatng seks pada anaknya, karena dimasyarakat seks masi dianggap sebgai hal yang tabu untuk dibicarakan dengan anak.

Padahal pendidikan seks sejak dini sangat penting agar mereka mengetahui bagaimana perilaku seksusla yang sehat serta membentengi anak dari resiko kekerasan ataupun pelecehan seksual di kemudian hari. Apalagi dengan semakin mudahya akses informasi dan konten melalui internet, anak dapat terpapar konten yang seharusnya tidak ditonton.

Mulai usia 3 tahun anak mulai belajar mengeksplor lingkungan sekitarnya dan mulai belajar untuk mengenali tubuhnya. Anak mulai melihat perbedaan antara laki-laki dan perempuan, pada usia ini orang tua memiliki kewajiban untuk memberikan pemahaman dasar mengenai seksualitas.

Berikut beberapa alasan mengapa pendidikan seks usia dini sangat penting bagi anak:

Memenuhi rasa ingin tahu

Diusia perkembangannya anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, pada masa tersebut pengetahuan mengenai seks sangatlah penting untuk menjawab rasa penasaran anak, pengetahuan tentang seks juga diharapkan dapat memberikan filter terdap informasi hoax yang beredar disekitar anak.

Membangun kepercayaan antar anak dan orang tua

Tidak dipungkiri masih banyak orang tua yang merasa bahwa pendidikan seks itu tabu untu dibicarakan, dan tidak sedikit pula orang tua yang masih kebingungan untuk menjelaskan informasi seputar seks kepada anaknya. Harusnya orang tua lebih terbuka terhadap anak agar anak mendapatkan rasa aman dan nyaman ketika bercerita mengenai masalah seksual yang dihadapinya.

Mencegah anak melakukan aktivitas seksual yang tidak benar

Karna besarnya rasa igin tahu anak, orang tua haru bisa membentengi anaknya dengan pengetahuan seks sejak dini, agar anak mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Mengajarkan anak tentang konsekuensi dan menghargai diri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan