Mohon tunggu...
Rika Widyastuti
Rika Widyastuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi membaca dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Parenting

Peran Orang Tua dalam Mengatasi Masalah Kenakalan Remaja

10 Agustus 2022   12:10 Diperbarui: 10 Agustus 2022   12:21 115 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Masa remaja ialah masa dimana seseorang sedang berada dalam tahap pencarian jati diri, dan ingin mengenal lebih dalam siapa dirinya sesungguhnya. Seseorang dapat dikatan remaja apabila ia sudah memasuki usia 17 tahun. Dalam usia ini, seorang remaja mengalami masa yang dinamakan masa pubertas. Pada masa pubertas, seorang remaja cenderung ingin mencoba segala sesuatu yang baru dalam hidupnya, serta muncul berbagai macam gejolak emosi yang terkadang membuat remaja lupa bahwa perilaku mereka sebenarnya menyimpang dari norma dan aturan yang berlaku.

Dewasa ini, banyak sekali remaja yang sering kali melakukan tindakan yang menyimpang dari norma dan aturan yang berlaku. Semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma dan aturan yang dilakukan oleh remaja disebut dengan kenakalan remaja. Kenakalan remaja menjadi hal yang perlu diwaspadai dan juga diperhatikan. Ada beberapa faktor penyebab adanya kenakalan remaja. Kenakalan remaja terjadi karena 2 faktor, yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Dimana faktor internal disebabkan oleh adanya krisis identitas dan kontrol diri yang lemah. Sedangkan faktor eksternal meliputi: keluarga, teman sebaya yang kurang baik serta komunitas atau lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.

Dari faktor-faktor penyebab adanya kenakalan remaja tersebut, sebenarnya orang tua mempunyai peran yang penting untuk mendidik seorang anak dengan menanamkan nilai dan norma sedari dini, yang nantinya dapat mempengaruhi sikap, perbuatan dan juga mental seorang anak untuk dapat memilah hal yang perlu untuk ditiru, dan hal yang tidak perlu untuk ditiru. Peran orang tua memang begitu penting dalam mengatasi atau setidaknya meminimalisir kenakalan remaja. Karena jika peran dari orang tua untuk mendidik serta menanamkan nilai dan juga norma kepada anak sejak dini rendah, maka akhirnya di saat anak tumbuh menjadi seorang remaja tidak menutup kemungkinan anak tersebut dapat berbuat hal yang melanggar aturan. Contohnya saja seperti: meminum-minuman keras, memakai narkoba, ikut tawuran dan bahkan sampai melakukan sex bebas. Sangat miris bukan?

Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam meminimalisir adanya kenakalan remaja. Dengan dibekali didikan norma dan aturan yang sejak dini di tanamkan oleh orang tua mereka, kemungkinan besar mereka akan tumbuh menjadi remaja yang taat terhadap norma dan juga aturan yang berlaku serta tidak melakukan tindakan yang menyimpang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan