Mohon tunggu...
Rijo Tobing
Rijo Tobing Mohon Tunggu... Novelis - Novelis

Penulis buku kumpulan cerpen "Randomness Inside My Head" (2016), novel "Bond" (2018), dan kumpulan cerpen "The Cringe Stories" (2020) dalam bahasa Inggris. rijotobing.wordpress.com.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bunda, Tahan Jarimu

15 Maret 2020   00:25 Diperbarui: 15 Maret 2020   01:53 154 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber gambar: thetab.com

Saya hampir gila melihat isi WA grup hari ini. Hampir semua grup menyebarkan berita yang berkaitan dengan Covid-19 yang belum divalidasi kebenarannya. Waktu saya tanya dapat info dari mana, cuma dijawab,

"Dari grup sebelah."

Saya tambah kejar, "Ini berita benar, atau belum tahu benar atau ga?"

Dijawab, "Ga tahu tuh, gua cuma forward aja."

Keren, Anda bertanggung jawab amat jadi manusia ya.

Saya tidak tahu kurang catchy apa slogan 'Saring Sebelum Sharing'. Kalimatnya berirama, memadukan bahasa Indonesia dan Inggris yang kebetulan cocok, singkat tapi memiliki pesan yang jelas.

Saring Sebelum Sharing.

Coba banyak berpikir dan bernalar sebelum memencet tombol 'forward'. Bahkan setelah Whatsapp memberi label 'forwarded' untuk membedakan tulisan asli si pengirim pesan dengan tulisan orang lain, sangat sedikit orang yang mau mengakui dan bertanggung jawab kalau dia sudah menyebarkan informasi yang salah.

Ga tau hoax atau ga, ini buat kita waspada aja.

Familiar tidak dengan kalimat di atas sebagai pengantar pesan yang biasanya merupakan hoax? Kalau Anda belum mencroscek kebenaran beritanya, buat apa di-share, Sayang? Kalau Anda sendiri tidak yakin, kenapa berani menjerumuskan orang lain kepada keyakinan yang salah?

Kan biar orang lain waspada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan