Rijo Tobing
Rijo Tobing

Penulis buku kumpulan cerpen "Randomness Inside My Head" (2016) dan novel "Bond" (2018) dalam bahasa Inggris. Buku dapat diperoleh di Gramedia, Periplus, dan Kinokuniya. rijotobing.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Wanita Artikel Utama

Perempuan dan Masalah Ukuran Badan

10 Desember 2017   12:14 Diperbarui: 10 Desember 2017   14:48 2579 4 1
Perempuan dan Masalah Ukuran Badan
Ilustrasi. WomenTalk

Dalam satu minggu ini (hari Rabu pekan lalu ke Rabu pekan ini) ada 3 orang yang mempertanyakan ukuran badan saya.

Kejadian 1

Hari Rabu pekan lalu saya makan siang dengan teman-teman Taekwondo di sebuah restoran Korea. Seperti kebanyakan restoran Korea, restoran ini memakai panggung kayu untuk alas duduk dan ada lubang di bawah meja supaya kaki pelanggan bisa menjuntai dengan nyaman. Saya datang terlambat dan duduk di ujung sekali di sebelah senior yang sudah 2 bulanan tidak ketemu. 

Hari itu saya pakai dress katun dengan motif garis horizontal berwarna biru-putih, dan karena tempatnya yang sempit saya sempat membuat suara gaduh waktu mengambil tempat duduk (seperti suara barang jatuh di papan kayu, padahal itu suara badan saya yang dihempaskan, hehehe). Setelah saya duduk, senior saya itu mengamati saya sambil mengernyitkan dahi dalam-dalam (mungkin sedang mencari kosa kata Bahasa Indonesia yang pas) terus bertanya:

Senior : Rijo-ya.

Saya     : Ya, Onni?

Senior : Sekarang gendut?

Saya     : (muka merah menahan malu karena guru Taekwondo kami duduk persis di seberang saya dan beliau ikut ketawa) Iya. (menjawab dengan lirih)

Senior : Kenapa?

Saya     : (bingung mau menjawab apa)

Kejadian 2

Hari Minggu saya dan anak pertama jalan-jalan di sekitar kompleks pakai baju yang ada di awal post ini. Waktu melewati rumah tetangga, saya dipanggil sama yang punya rumah.

Budhe   : Mama Jo

Saya        : Iya, Budhe?

Budhe   : Lagi hamil anak ke-3?

Saya       : (muka shockeddan kepala cepat-cepat menggeleng) Engga, Budhe.

Budhe   : Oh, kirain.

Kejadian 3

Kemarin saya ketemu teman setelah mengantar anak ke sekolah dengan berpakaian celana panjang hitam dan kaos warna abu-abu muda. Setelah ngobrol ngalor-ngidul, teman saya itu nanya: Jo, gendutan ya?

Saya      : Iya. (menjawab dengan lirih lagi).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2