Mohon tunggu...
Rijal Muhyidin
Rijal Muhyidin Mohon Tunggu... Mahasiswa Teknik Informatika UNSIQ NIM 2020150009

I'm Spiderwar

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Danau Ranau, Surga Tersembunyi di Sumatera Selatan

12 Januari 2021   23:51 Diperbarui: 13 Januari 2021   00:41 278 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Danau Ranau, Surga Tersembunyi di Sumatera Selatan
Danau Ranau - jejakpiknik.com

Jika kamu sedang berkunjung ke kota empek-empek Palembang, tidak lengkap rasanya kalau belum berkunjung ke tempat ini. Banyak orang yang belum tahu kalau di Sumatera Selatan ada sebuah surga tersembunyi. Ya, Danau Ranau mungkin masih kedengaran asing bagi sebagian orang. 

Danau Ranau merupakan danau terbesar ke-2 di pulau Sumatera setelah Danau Toba. Meskipun belum sepopuler Danau Toba, keindahan alam Danau Ranau tidak kalah lho.  Lokasinya berada di Desa Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini membelah dua batas provinsi yaitu Lampung dan Sumatera Selatan. Untuk menuju ke objek wisata ini, dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 8 jam perjalanan dari kota Palembang. 

Ada banyak spot-spot menarik yang wajib kamu kunjungi di danau ini, di antaranya:

1. Pantai Pelangi

Berada di tepian jalan raya, berkisar kurang lebih 600 meter dari kecamatan Banding Agung atau 1 km dari dermaga Banding Agung, Pantai Pelangi merupakan destinasi wisata yang sangat indah dan dilengkapi dengan pondok bersantai, kantin, dan toilet. Tempat ini juga sangat cocok untuk menikmati pemandangan Danau Ranau dan Gunung Seminung serta deburan ombak di tepi pantai. Di sana kamu juga bisa bermain wahana Jet Sky dan Banana Boat.

Pantai Pelangi - instagram.com/aeriallampung
Pantai Pelangi - instagram.com/aeriallampung
2. Wisma Pusri

Ada banyak penginapan di sekitar Danau Ranau, tapi yang terfavorit yaitu Wisma Pusri ini. Di wisma ini menyediakan paket standar hingga VIP dengan harga yang terjangkau. Kamu juga bisa menikmati Sunrise maupun Sunset dengan suasana yang tenang. Di dekat penginapan ini, kamu juga bisa melihat air terjun Subik Tuha yang menambah kesan asri pastinya.

Wisma Pusri - penginapan.net
Wisma Pusri - penginapan.net
3. Pulau Marisa

Pulau Marisa merupakan satu-satunya pulau yang berada di tengah-tengah danau. Keindahannya tiada tara deh pokoknya. 

Pulau Marisa - dolandolen.com
Pulau Marisa - dolandolen.com
4. Bukit Mutiara Garden

Masih didominasi bunga Miana dan bunga Celosia membuat semakin semarak dengan warna-warni bunga, akan membuat betah siapa pun yang memandangnya, ditambah lagi di depan taman bunga ini berdiri kokoh Gunung Seminung dan indahnya Danau Ranau sebagai viewnya semakin cocok buat wisata keluarga maupun bersama pasangan.

Bukit Mutiara Garden - facebook.com/WisataDanauRanau
Bukit Mutiara Garden - facebook.com/WisataDanauRanau
5. Pantai Bidadari

Berlokasi tepat berada di tepian Danau Ranau wilayah Kecamatan Banding Agung, Wisata Pantai Bidadari dengan panjang pantai kisaran kurang dari 500-700 meter. Tak cukup sampai di situ, salah satu wisata andalan yang mulai ramai di kunjungi Wisatawan ini dilengkapi puluhan pohon kelapa, pepohonan rindang yang berada di perbukitan, serta tampak seperti di framing dengan bingkai persawahan.

Pantai Bidadari - facebook.com/WisataDanauRanau
Pantai Bidadari - facebook.com/WisataDanauRanau
Selain itu, setiap tahun tepatnya pada bulan Juli sampai April digelar Festival Danau Ranau yang sangat meriah. Yuk, tunggu apa lagi? langsung aja datang dan nikmati keindahan alamnya.

Selamat menjelajah...

VIDEO PILIHAN