Mohon tunggu...
Rifky Surya Irawan
Rifky Surya Irawan Mohon Tunggu... Memiliki masa depan yang cerah

Mahasiswa biasa

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Dampak Covid-19: Imbas terhadap Sektor Pariwisata

12 Agustus 2020   22:38 Diperbarui: 18 Agustus 2020   16:54 67 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dampak Covid-19: Imbas terhadap Sektor Pariwisata
lampungpro.co

Penulis  1 : Rifky Surya Irawan

Penulis 2 : Dr. Fauziah Lubis, M. Hum

Seperti yang kita tahu, Corana virus atau biasa yang disebut covid-19 seperti malapetaka bagi sebagian besar makhluk yang ada dimuka bumi tanpa terkecuali. Tidak hanya menyerang manusia, covid-19 juga menyerang perekonomian yang ada di dunia. 

Bagi indurstri pariwisata khususnya yang ada Indonesia, mulai memberikan dampak pada awal tahun 2020 yang mana wisatawan mancanegara banyak yang membatalkan perjalanan mereka, terutama wisatawan yang berasal dari negeri china dimana asal muasal covid-19 ini ditemukan dichina tepatnya wuhan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama menyebutkan, beberapa tempat wisata di Tanah Air sudah terasa dampak potensi kerugian akibat ketiadaan wisatawan China. realisasi kunjungan wisatawan mancanegara selama 2019 mencapai 16,3 juta dari target 18 juta. 

Dari total kunjungan itu, sebanyak 12% wisatawan berasal dari Tiongkok, atau setara dengan 1,95 juta orang. 12% adalah angka yang besar untuk wisatawan yang masuk keindonesia untuk berlibur ataupun keperluan lainnya. Masalah ini sangat rumit bagi setiap perusahaan besar maupun perusahaan kecil, banyak dari perusahaan tersebut yang akhirnya merumahkan sebagian besar pekerja yang sangat menggantungkan hidupnya terhadap pekerjaan yang mereka miliki.

Hampir 20 juta penduduk yang ada diindonesia menggantungkan nasibnya di sektor pariwisata bisa jadi lebih bila masalah ini tidak cepat terselesaikan. Kenapa bisa hampir 20 juta penduduk? Karena efek berantai ini banyak sektor lumpuh seperti :

1. Maskapai Penerbangan

Memang maskapai penerbangan tidak selalu digunakan untuk wisatawan yang sedang berlibur, tapi banyaknya wisatawan yang melakukan pembatalan mengakibatkan lenggannya kursi penumpang. Dikutip dari CNN Indonesia, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menyebut pengurangan itu dilakukan terhadap 2.600 karyawan atau kurang lebih 9 persen dari total 29 ribu karyawan akibat pandemi virus corona.

2. Biro Perjalanan Wisata

Biro perjalanan wisata adalah salah satu sektor yang terdampak akibat covid-19, banyak pelancong yang membatalkan perjalanan mereka yang sudah jauh jauh hari di agendakan. Banyak juga perusahaan biro perjalanan yang akhirnya gulung tikar, karena hampir menyentuh angka 100% presentase pembatalan yang dilakukan wisatawan. Disebabkan juga penutupan tempat-tempat wisata sementara oleh pemerintah dikarenakan tempat wisata menjadi pusat berkumpulnya manusia yang menyebabkan manusia saling berinteraksi satu sama lain, hal ini dapat mempercepat penyebaran covid-19 yang selama ini ditakutkan oleh semua kalangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x