Mohon tunggu...
Rifky Kristiawan
Rifky Kristiawan Mohon Tunggu... Pengangguran

nama: rifky Kristiawan, Hobi bermain: Tennis meja, Agama: Kristen

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pandora, Kembali ke Tanah dan Dorota-bou

1 Februari 2021   22:24 Diperbarui: 1 Februari 2021   22:30 149 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandora, Kembali ke Tanah dan Dorota-bou
foto by Muhammad Riski Sukur, Street photografer-human interest

Halo Braysem

Salam Sehat

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan yang kedua ditahun 2021. Semua orang tentu mengharapkan agar tahun ini bisa lebih baik dari tahun kemarin. Berharap Corona Virus bisa cepat teratasi sehingga aktivitas sosial bisa kembali berjalan dengan normal.

Tahun 2020 kemarin menjadi masa yang penuh dengan hari-hari pahit dalam sejarah peradaban manusia. Tren kenaikan kasus positif  karena terserang corona banyak terjadi di Negeri ini. 

Hal ini sangat menghambat pergerakan sosial dalam berbagai aspek. Untuk itu, dalam upaya melawan corona virus ini, pemerintah menganjurkan agar semua masyarakat Indonesia melakukan aksi Social Distancing atau yang juga disebut Psyical Distancing. 

Semua Aktivitas peribadahan, sekolah, bekerja dan kuliah dilakukan dari rumah saja. Ruang sosial mengalami degradasi yang sangat besar. Himbauan agar mematuhi protokol kesehatan menjadi puisi yang terus dibacakan oleh pemerintah. 

Pandemi ini betul-betul merugikan banyak pihak, seperti pedagang kaki lima, anak sekolah dan para pekerja yang terpaksa harus di PHK karena perusahaan banyak menelan kerugian semasa pandemi, tidak hanya sampai disitu saja bahkan Negara inipun banyak menelan kerugian yang sangat besar.

Bisa dikatakan bahwa tahun kemarin adalah tahun yang bertemakan “Kembali Ke Tanah”, terbatasnya ruang sosial menjadikan seni Agrikultural sebagai satu-satunya aktivitas yang masih produktif di tengah-tengah mewabahnya Covid-19 ini. Tren “Kembali ke tanah” merupakan aktivitas favorit yang dilakukan oleh sebagian orang semenjak Pandora ini berlangsung. 

Tanah yang selama ini ditumbuhi penghuni liar diubah menjadi surga kecil bagi para sayuran serta beberapa tumbuhan lainnya, yang bisa dikonsumsi. Telah menjadi alternatif untuk bertahan hidup di tengah Pandora, “kembali ke tanah” merupakan jawaban dari kerasnya tuntutan hidup dalam lingkungan pandemi. 

Tidak sebatas itu saja, munculnya beberapa pekarangan rumah yang berubah menjadi lahan minitani semakin memperjelas bahwa manusia adalah makhluk yang cerdas ketika sedang terdesak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN