Mohon tunggu...
Rifki Feriandi
Rifki Feriandi Mohon Tunggu... Open minded, easy going,

telat daki.... telat jalan-jalan.... tapi enjoy the life sajah...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Asli Keren Parah, Ada Layanan Studio Musik di Perpusnas

6 Mei 2021   13:00 Diperbarui: 6 Mei 2021   13:04 410 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asli Keren Parah, Ada Layanan Studio Musik di Perpusnas
Artist view | Foto: perpusnas.go.ig

Apa yang ada di kepala Anda jika mendengar kata 'perpustakaan'?

Iya ya, kebayang banyak buku lapuk, berdebu, di rak-rak tinggi membentuk lorong gelap dengan pengunjung berkacamata tebal yang kelihatan jadi santapan gampang untuk dibully. Ups, itu kan image perpustakaan jaman dulu. Main deh ke Perpustakaan Nasional di Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Dijamin, semua image kuno seperti itu hilang tidak berbekas. Saya saja sebagai kutu buku, waktu pertama kali mengunjungi Perpusnas ini sampai tertegun. Keren, gila. Gedungnya tinggi. Interiornya ceria dan terang. AC-nya adem. Dan petugasnya bukan orang-orang tua yang tersisihkan tapi diisi juga anak muda yang energik dan ramah. Serta, modern euy. Bahkan ada bioskopnya lagi, lengkap dengan pemutaran film teratur. GRATIS.

Dan tiga hari lalu, ada kejutan terbaru yang membuat kaget. Perpusnas membuka layanan. STUDIO MUSIK. Beneran, studio musik. Keren gak sih?

Pengumuman layanan studio musik | Foto: perpusnas.go.id
Pengumuman layanan studio musik | Foto: perpusnas.go.id

Saya bukan pemain band atau pemain musik. Cuman sekedar penikmat musik. Tapi karena akrab dengan kegiatan-kegiatan anak muda, baik itu karena interaksi dengan dua anak gadis saya maupun dengan pegiat-pegiat literasi yang mayoritas adalah generasi terkini, maka saya cukup paham jika satu hal yang amat sangat disukai anak-anak muda adalah musik. Cukup dengan sebuah gitar, mereka bisa mengekspresikan minat dan bakatnya. Dan musik membuat mereka happy. Meski, ujung-ujungnya mereka hanya melakukannya sebagai hobi. Kalaupun serius membuat band, tentunya hanya kalangan terbatas yang bisa mewujudkannya.

"Nyewa tempat latihan band itu mahal, gila". Mungkin begitu yang mereka pikirkan.

Tapi, kini Perpusnas dengan BERANI menelurkan sebuah inovasi fenomenal. Perpusnas segera akan membuka layanan studio musik. Saya sendiri sampai mengulang membaca berita dari akun perpusnas.go.id di Instagram itu. Gak percaya. Ini inovasi dari sebuah institusi bernama perpustakaan gitu loh. Ah, sebuah layanan baru yang sangat tepat sasaran. Apalagi masyarakat, lebih tepatnya anak muda, bisa memanfaatkannya dengan .....GRATIS.

Penulis di depan gerbang perpustakaan | Foto: Rifki Feriandi
Penulis di depan gerbang perpustakaan | Foto: Rifki Feriandi

Apa sih  syarat-syarat untuk menggunakan layanan Studio Musik Perpusnas itu?

Inilah syarat pemakaian Studio Musik, seperti yang dicantumkan di dalam Instagram tersebut adalah:
1. Wajib memiliki grup band terdiri dari 3-6 orang
2. Tiap orang wajib memiliki kartu keanggotaan Perpusnas
3. Wajib mengirimkan video performance band. Belum diketahui apakah pengiriman video ini dilakukan pada saat pendaftaran sebagai salah satu pertimbangan selesi atau setelah melakukan latihan.
4. Wajib menaati peraturan-peraturan yang ditentukan Perpusnas

Selain itu, informasi lain yang penting diketahui:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN