Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia menggunakan Instagram dan menghabiskan rata-rata 28 menit setiap hari untuk mengakses Instagram.Â
Meskipun jumlah pengguna Instagram dan rata-rata waktu yang dihabiskan untuk mengakses Instagram terlihat banyak, hal ini tidak menjamin upaya Anda untuk memperkenalkan brand dan memasarkan produk menjadi mudah. Disinilah pentingnya peran Instagram Analytics dalam upaya pemasaran Anda agar konten postingan Anda tidak tertimpa konten- konten lain.
Artikel ini akan menjelaskan lebih detail mengenai Instagram Analytics, pengaruh Instagram Metric terhadap konten postingan Anda, Instagram Analytics Tool dari pihak ketiga dan penggunaan data Instagram Analytics menjadi cara untuk memaksimalkan Instagram engagement Anda.
Memahami Kinerja Instagram Analytics & Metric
Instagram Analytics dan Metric menyediakan berbagai macam data yang membantu mengukur kinerja Instagram Anda, memahami audiens, dan meningkatkan hasil pemasaran Instagram Anda.Â
Sebagian besar Instagram Metric yang umum diketahui adalah angka-angka followers, impressions, reach, likes, comments, dan clicks. Namun data metric hanya menunjukkan kinerja suatu waktu dan Anda harus menghitung data metric tersebut menjadi data yang berfokus pada peningkatan, pertumbuhan, dan pengoptimalan yang berkelanjutan.Â
Menggunakan Rumus Instagram Analytics Untuk Menghitung Instagram Metric
Anda bisa meningkatkan Instagram engagement Anda dengan menggunakan rumus-rumus berikut untuk menghitung Instagram Metric Anda dan menjadikan data ini sebagai tolok ukur Anda dalam menentukan konten yang disukai dan kurang disukai audiens Anda.
Rumus Metric Perkembangan:
(Metric Waktu 1 -- Metric Waktu 2 : Metric Waktu 2) x 100 = % peningkatan/penurunan jumlah
Rumus ini menunjukkan peningkatan/penurunan suatu jumlah dari waktu ke waktu seperti peningkatan/penurunan jumlah followers, impressions, reach, likes dan clicks. Misalnya, pada akhir bulan Maret (Waktu 1) Anda memiliki 720 followers dan pada akhir bulan sebelumnya, Februari Anda memiliki 515 followers (Waktu 2), maka peningkatan jumlah followers Anda adalah 39,8%.
Rumus Metric Peringkat:
(Metric (Jumlah interaksi sebuah postingan) : Jumlah followers saat postingan diunggah) x 100 = % interaksi postingan tersebut
Rumus ini menunjukkan persentase interaksi followers dengan postingan, Reels, Story atau IGTV Anda. Interaksi postingan, Reels dan IGTV, dilihat dari jumlah likes, comments, save dan share, sedangkan Story dilihat dari jumlah reply dan share. Misalnya, Anda memiliki 720 followers dan sebuah postingan Anda mendapatkan 150 interaksi, maka persentase interaksi postingan tersebut adalah 20,8%.Â
Rumus Metric Rata-Rata:
Jumlah metric suatu periode : Jumlah postingan dalam periode tersebut = Rata-rata