Mohon tunggu...
Rieska
Rieska Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Negeri Malang

Hanya seorang mahasiswi yang ingin mengerjakan tugas perkuliahan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan UM: Pengolahan Koleksi Perpustakaan SDN Lesanpuro 3

5 Desember 2022   21:16 Diperbarui: 5 Desember 2022   22:20 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Gambar 1 (1/12). Foro Bersama Kelompok 3 dengan Kepala Perpustakaan SDN Lesanpuro 3)

Malang (5/12) - Demi memenuhi tugas mata kuliah Kerjasama dan Jaringan Informasi, Mahasiswa Kelompok 3 Offering KB, Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang mengadakan sebuah projek kerjasama. Kerjasama yang diselenggarakan sejak tanggal 19-22 November 2022  dan 25 November 2022 ini dilaksanakan bersama dengan Perpustakaan SDN Lesanpuro 3, yang beralamatkan di Jalan Ki Ageng Gribig I No. 24, Lesanpuro, Kec. Kedungkandang, Kota Malang. Kerjasama yang dilakukan adalah dalam bidang pengelolaan bahan pustaka, yang meliputi kegiatan inventarisasi, klasifikasi dan shelving

Menurut Sulistyo Basuki (1993), kerjasama antar perpustakaan adalah kegiatan yang melibatkan dua atau lebih perpustakaan untuk mencapai satu tujuan yang sama. Dengan ini tujuan kerjasama yang dilakukan oleh kedua belah pihak adalah untuk membantu perpustakaan dalam memudahkan pemustaka yakni seluruh warga SDN Lesanpuro 3 dalam menemukan informasi yang dibutuhkan.

Setelah dilakukannya observasi di Perpustakaan SDN Lesanpuro (8/11), kelompok 3 mengetahui masalah yang sering ditemukan di Perpustakaan sekolah, yakni kegiatan inventarisasi koleksi belum dilakukan secara optimal  dan sebagian besar koleksinya belum diklasifikasikan sehingga tidak tertata dengan rapi. Mengetahui permasalahan tersebut, kelompok 3 menawarkan untuk menjalin kerja sama dalam bidang pengelolaan koleksi tersebut. 

Kerjasama dalam bidang pengelolaan koleksi yang dilakukan kelompok 3 adalah inventarisasi, klasifikasi dan shelving (penataan ulang) koleksi. Kegiatan ini dilakukan selama 4 hari dimulai sejak tanggal 19-22 November 2022, di mana kelompok 3 dibagi menjadi 2 tim untuk mengerjakan tiap kegiatannya. Tim 1 melakukan inventarisasi koleksi yang tersedia dengan bantuan sistem dari Microsoft Excel, sedangkan tim 2 melakukan kegiatan klasifikasi koleksi dan juga shelving. 

(Gambar 2 (21/11). Tim Inventarisasi sedang memasukkan data koleksi yang tersedia) 
(Gambar 2 (21/11). Tim Inventarisasi sedang memasukkan data koleksi yang tersedia) 

(Gambar 3 (21/11). Tim 2 melakukan shelving pada rak setelah dilakukannya klasifikasi)
(Gambar 3 (21/11). Tim 2 melakukan shelving pada rak setelah dilakukannya klasifikasi)

Selama kegiatan berlangsung, kelompok 3 mendapatkan banyak pengalaman baru. Pengetahuan yang telah didapatkan selama perkuliahan, kurang lebih dapat diterapkan dalam kegiatan-kegiatan kerjasama ini. 


Universitas Negeri Malang - Rieska Novia, Siti Nurfadila, Maria R. Sonia Soo, Zahira Nathasa, Bagaskara Winengku, Juliana Dear (2022)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun