Mohon tunggu...
Ridho Hoirulloh
Ridho Hoirulloh Mohon Tunggu... Communication Science

"Manusia yang berkal adalah manusia yang suka menerima dan meminta nasihat" - Umar Bin Khattab

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perkembangan Radio

22 April 2021   00:58 Diperbarui: 22 April 2021   01:15 155 0 0 Mohon Tunggu...

Masihkah eksis radio di dunia era serba digital ini? Tentunya radio memiliki penikmat dan target audience tersendiri.

            Radio adalah alat komunikasi satu arah untuk penyampaian pesan (informasi, berita, dan hiburan) dengan jangkauan yang cukup luas. Radio telah mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga menjadi sarana alat komunikasi massa secara luas saat ini. Diawali dengan penemuan gelombang elektromagnetis oleh tiga orang cendikiawan dan salah satunya, yaitu James Maxwell. Gelombang elektromagnetis inilah yang menjadi gelombang sinyal yang digunakan untuk radio dan televisi.

            Perkembangan radio yang pesat di masa lalu membawa penggunaan radio di beberapa negara. Diawali oleh Amerika Serikat dengan pengembangan penemuan Marconi tentang sistem telegramtan kabel oleh Dr. Lee De Frost, membawa dunia Radio di Amerika berkembang secara pesat dengan berdirinya 565 stasiun radio di Amerika. Sehingga dia dijuluki sebagai “The Father of Radio”.

            Sejak saat itu juga radio berkembang dibeberapa negara seperti Uni Sovyet, Jepang, tiongkok. Disaat itu jugalah radio mengalami perkembangan dengan penyempurnaan oleh Prof. E. H. Armstrong dengan memperkenalkan Frequency Modulation sebagai penyempurnaan dari Amplitudo Modulation (AM). Berikut penjelasan tentang pekembangan radio dari AM ke digitalisasi saat ini:

  • Amplitudo Modulation (AM)
  • AM (Amplitudo Modulation) adalah suatu gelombang suara yang akan meruba amplitudo dari gelombang pembawaannya, sehingga aplitudo memiliki jarak tertentu atau yang di sebut dengan tinggi gelombang.
  • Frequency Modulation (FM)

Frequency Modulation (FM) pengubahan suatu frekuensi sehingga gelombang suara akan mengubah frekuensi dari pembawaan gelombang. Makademikan radio FM yang memiliki jangkauan luas bisa menghasilkan kualitas yang lebih baik dari radio AM.

  • Radio Streaming

Banyak keunggual radio streaming, diantara biaya perawatan yang relatif murah yang hanya menggunakan perangkat komputer, mixer, dan internet. Sehingga tidak menggunakan antena seperti radio sebelumnya. dengan radio streaming tersbut dapat memudahkan pendengar untuk menikmati radio di mana pun, sehingga tidak lagi adanya batasan untum mendengarkan siaran radio tersendiri. Hanya membutuhkan prangkat dan jaringan internet pun seperti smarphone bahkan alat tekologi lainnya yang memiliki jaringan internet bisa mengakses radio melalui streaming.

  • Digital Radio  

Tidak bisa dipungkiri bahwa globalisasi membawa perkembang yang sangat pesat di segala aspek bidang kehidupan saat ini. Salah satunya yang terdampak kepada radio. Saat ini telah menjamur radio-radio yang berbasis internet. Selain itu juga bermunculan podcast yang dapat didengarkan melalui media platform streaming berbayar. Dengan adanya media ini, siapapun dapat menyiarkan informasi yang sama layaknya dengan radio.

Tentu radio memiliki kelebihan dan kekurangan:

  • Kelebihan:

Kelebihan dari radio salah satunya, memiliki sifat yang portable dan mobile sehingga mudah di akses melelu smartphone dimana radio dapat didengar, bersifat instrutif, bersifat fleksible, dan  bersifat sederhana.

  • Kekurangan:

Kekurangan dari radio salah satunya adalah Audio Only yang hanya dapat di dengar, sehingga tidak bisa di tarik ulang dan juga rentan mengalami gangguan

Walaupun banyak kelebihan dan kekurang hingga saat ini, radio telah menjadi sarana komunikasi massa favorite banyak orang. Untuk para penggiat dan pengembang radio dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan zaman yang ada agar radio tetap eksis walaupun di era digital ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x