Ridho Hafidz Kilikily

hobi bola

Healing ya Camping

11 Januari 2024   14:00 Diperbarui: 11 Januari 2024   14:02 229

Puncak, Bogor, Jawa Barat merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Indonesia. Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, Puncak juga memiliki banyak pilihan tempat wisata, salah satunya adalah Perkemahan Mandalawangi.

Perkemahan Mandalawangi merupakan tempat wisata alam pegunungan yang terletak di kaki Gunung Pangrango. Lokasinya berada di Komplek Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat.

Pada bulan Desember 2023, penulis beserta teman kampus penulis berkemah di Perkemahan Mandalawangi. Kami berangkat dari Bekasi Utara pada pukul 09.00 pagi. Perjalanan menuju Perkemahan Mandalawangi memakan waktu sekitar 5 jam dengan menempuh jarak kurang lebih 104 kilometer ditambah dengan macet yang parah.

Dokumentasi Penulis

Sesampainya di lokasi, kami pun langsung mendirikan tenda. Setelah tenda berdiri, kami bersiap untuk membersihkan diri dan mempersiapkan menu untuk makan malam. Pada malam harinya, kami memasak makanan sederhana dan duduk-duduk di sekitar api unggun sambil bercerita dan bernyanyi. Kami sangat menikmati keindahan alam malam yang dikelilingi oleh pepohonan dan suara-suara hewan malam.

Pada pagi harinya, kami menyelusuri lokasi perkemahan. Kami berjalan terus menuju sebuah curug yang berlokasi sekitar 15 menit dari area tenda. Sesampainya di area curug, kami melihat air terjun yang indah dan bersih. Kami menghabiskan waktu sekitar 1 jam untuk bermain air di curug tersebut.

Setelah selesai menikmati curug, kami kembali ke area perkemahan. Setelah itu, kami membersihkan diri dan membersihkan area kemah. Setelah itu, kami berkemas dan kembali ke rumah pada pukul 13.00 siang.

Menurut pengalaman penulis, berikut adalah beberapa hal menarik yang dapat ditemukan di Perkemahan Mandalawangi:

• Pemandangan alam yang masih indah dan asri
  • Udara yang sejuk dan segar
  • Akses lokasi yang mudah
  • Fasilitas yang memadai
  • Tersedianya tempat penyewaan alat perkemahan
  • Tarif area parkir dan perkemahan yang cukup murah

Perkemahan Mandalawangi merupakan destinasi wisata alam yang cocok untuk kalian anak muda yang ingin mencoba pengalaman berkemagh sekaligus menikmati keindahan alam pegunungan. Tempat ini menawarkan pengalaman berkemah yang menyenangkan dan berkesan.