Mohon tunggu...
Ridha Afzal
Ridha Afzal Mohon Tunggu... Nurse

#IndonesianCaretakingTraveler

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Gamang Diundang Jadi Trainer Dadakan, Jangan Ditolak!

5 September 2020   07:24 Diperbarui: 5 September 2020   07:37 36 16 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gamang Diundang Jadi Trainer Dadakan, Jangan Ditolak!
Dokumen pribadi 

Beberapa hari lalu, seorang rekan saya yang pernah kerja di luar negeri, diminta untuk memberikan materi pelatihan Online. Semula dia menolak, karena katanya dia tidak memiliki kapasitas. Padahal, setahu saya, dia menguasai bahannya.

Menjadi trainer dadakan (Surprise Trainer), sebenarnya sangat gampang. Apalagi jika sudah menguasai materi. Memang masih ada beberapa modal lagi yang perlu dipoles. Di antaranya untuk tahap awal adalah adanya minat (passion). Ini sangat penting. Tanpa passion, sangat berat memulainya.

Kita tidak mungkin sharing ilmu pengetahuan atau keterampilan atas dasar paksaan. Akibatnya tidak bagus. Materi yang disampaikan juga setengah-setengah.

Alhamdulillah saya menyukai dunia pelatihan ini. Sejak masih di kampus dulu sudah terbiasa berdiri di depan. Bukan untuk ngajar, tetapi ini menjadi modal awal agar tidak demam panggung (Stage Fever). Lantaran terbiasa, kita bisa jadi ahlinya.

Memiliki Passion

Menurut saya, inilah modal utama dan paling awal wajib dimiliki oleh mereka yang misalnya diundang untuk jadi pemater atau pelatih (trainer) dadakan. Kalau untuk penguasaan materi, masih bisa dipelajari. Tetapi passion, minat, tidak demikian.

Minat itu berasal dari dalam diri sendiri. Tidak ada ada paksaan dari luar. Minat juga datang dengan sendirinya. Umumnya, tanpa ada dorongan dari pihak lainpun, jika ada minat maka motivasi untuk melakukan sesuatu secara otomatis akan datang dengan sendirinya. Ibaratnya, bekerja tanpa dibayar pun jika minat, tidak sedikit orang yang bersedia melakukannya.

Sebaliknya, jika tidak memiliki minat, akan terasa sulit menjalaninya. Betapapun sepele atau sangat sederhana jenis pekerjaannya. Tidak terkecuali masalah pelatihan, pengajaran dan sejenisnya.

Keterampilan Fokus

Permintaan menjadi Trainer dadakan biasanya dilandasi karena kita punya keterampilan khusus yang tidak banyak dimiliki oleh orang lain. Bisa dikatakan semacam kepakaran. Keterampilan ini umumnya menjadi daya tarik tersendiri, yang membuat orang lain tertarik untuk meminta Anda sebagai Trainer nya. Misalnya, terkait entrepreneurship, UMKM, seni bela diri, senam, seni tataboga, kesehatan hingga seni menulis.

Di sinilah pentingnya memiliki sebuah jenis keterampilan tertentu yang membuat orang bisa tertarik untuk mengetahui lebih detail, karena dilihat dari nilai manfaatnya.

Keterampilan yang fokus bukan hanya memiliki nilai lebih dalam artian finansial, tetapi juga dari sisi bisnis serta akan mendongkrak popularitas mereka yang memilikinya.

Mereka yang menjadikan Trainer sebagai profesi keduanya umumnya dilatar-belakangi oleh pemilikan keterampilan khusus ini. Kemudian dipertajam dengan seni komunikasi dan presentasi yang pada dasarnya sangat mudah dipelajari.  

Kuasai Materi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x