Mohon tunggu...
Ridha Afzal
Ridha Afzal Mohon Tunggu... Nurse

#IndonesianCaretakingTraveler

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Tantangan Terbesar Menang Pemilu 2024 bagi Megawati: Berjilbab

14 Agustus 2020   07:35 Diperbarui: 14 Agustus 2020   07:33 104 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tantangan Terbesar Menang Pemilu 2024 bagi Megawati: Berjilbab
Sumber: hot.grid.id

 

Manusia itu unik dan tidak bisa diduga. Berapa banyak orang yang bisa kita jadikan contoh yang jalan hidupnya penuh misteri? Yang kita tahu hanya lapisan luar wujud manusia. Namun bukan di dalam hatinya. Itulah mengapa seringkali kita berhadapan dengan orang yang tiba-tiba saja 'hijrah'. Hidupnya berubah total, bahkan yang kemarin tidak sama dengan hari ini. 

Termasuk dalam hal perempuan yang mengenakan jilbab. Bagi orang awam, barangkali tidak begitu 'terasa' dampaknya. Beda banget dengan yang terjadi pada artis atau politisi.  

Beberapa artis yang mutuskan berjilbab di antaranya: Cut Meyriska, Dinda Hauw, Lesty Kejora, Irish Bella, Citra, Kirana, Olla Ramlan, Cynthia Ramlan dan lai-lain. 

Memutuskan berjilbab bagi mereka tidak gampang. Bagi para artis-artis ini, memutuskan berjilbab untuk selamanya akan berdampak pada bisnis mereka dalam dunia yang digelutinya.

Dengan kata lain, karir, bisnis, perolehan uang dan popularitas bisa jadi taruhannya. Cut Mini misalnya, sesudah mengenakan Jilbab tahun lalu sesudah menunaikan Ibadah Haji, tiga tawaran film dibatalkan.

Akan halnya dalam dunia politik, jika Ibu Megawati, misalnya memutuskan berjilbab di  usianya yang sudah 'sepuh' ini, ada semacam 'tanggungjawab moral' untuk konsisten dalam menjaga sikap dan perilakunya pasca mengenakan hijab.

Berjilbab tidak sekedar menutup aurat. Apalagi untuk kepentigan politik, karena diri orang yang mengenakannya tak ingin mendapat cap buruk lantaran kebanyakan orang tentu akan mengaitkan hijab dengan kelakuan seseorang yang mungkin dinilai tidak pantas.

Yang dipertaruhkan Ibu Mega adalah popularitas sebagai the Big Boss of PDIP serta risiko terjadinya pergeseran suara kader/simpatisan PDIP pada Pemilu 2024. Bukan tidak mungkin, apa yang terjadi pada Cut Mini, bisa terjadi pula pada Megawati. Bedanya, Cut Mini seorang artis dan Ibu Mega politisi.

Kunjungan Raja Salman

Sumber: Beritabali.com
Sumber: Beritabali.com
Masih ingat ketika Raja Salman berkunjung ke Indonesia pada bulan Maret 2017 lalu? Pada saat itu, Ibu Mega bersama Puan Maharani sempat selfie bersama Raja Salman. Ada juga foto lain yang berpose bersama Pak Jokowi, mereka berempat.

Sebagai seorang Raja, sekaligus tamu negara, kita sebagai Tuan Rumah sudah semestinya harus bisa menampatkan diri. Jangan sampai bersikap kurang atau tidak sesuai denga norma, budaya serta adat sang tamu. Karena hal ini bisa mencoreng nama baik sebagai sebuah bangsa besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN