Mohon tunggu...
Rico Ricardo Lumban Gaol
Rico Ricardo Lumban Gaol Mohon Tunggu... Penulis - Energi terbarukan bukanlah energi alternatif, melainkan jawaban dari kerisauan kedepannya

SEO Expert bidang Energi Terbarukan 2022 Kegiatan sehari-hariku masuk keluar wilayah 3T mendampingi wilayah-wilayah yang belum tersentuh listrik PLN samasekali. Salam kenal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mencari Kayu Gaharu dalam Tanah, Papua Ahlinya

4 Oktober 2022   12:10 Diperbarui: 4 Oktober 2022   12:22 168 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Mendengar kayu gaharu kita pasti langsung berpikir tentang harga gaharu saat ini. Lantas, apakah kita tahu bagaimana cara mendapatkannya? Inilah ajaibnya masyarakat Papua dalam menemukan kayu gaharu dalam tanah.

Daftar Isi

Apa itu gaharu?

Manfaat kayu gaharu?

Bagaimana cara mendapatkan kayu gaharu?

Berapa harga sekilo kayu gaharu?

Referensi

Apa itu gaharu?

Gaharu adalah pohon kayu yang memiliki warna kehitaman dan mengandung resin oleh sejumlah spesies pohon dari genus Aquilaria. Resin ini mengeluarkan aroma wangi yang biasa digunakan dalam industri parfum. Gaharu sudah lama menjadi komoditas perdagangan terutama wilayah Timur Tengah seperti India, Persia, Jazirah Arab, bahkan Afrika Timur.

Perlu diketahui, tidak semua pohon gaharu memiliki resin wangi yang dicari semua orang. Pohonnya harus terinfeksi oleh jamur terlebih dahulu, sehingga pembusukan yang terjadi akan menghasilkan resin dan kemudian diolah menjadi wangi-wangian. Beberapa industrin kayu gaharu mencoba membuat infus dengan harapan akan mendatangkan resin tersebut, namun uniknya di wilayah terpencil seperti Kalimantan dan Papua justru dengan melukai bagian tertentu dari pohonnya dan kemudian dibiarkan 2-3 tahun untuk menghasilkan resin yang baik.

Manfaat Kayu Gaharu?

Nah, setelah mengetahui apa itu gaharu, sekarang kita coba mengetahui manfaatnya. Gaharu punya banyak manfaat dalam dunia perobatan. Di Kalimantan gaharu selain dijual daunnya dijadikan teh, bisa membuat pikiran tenang dan nyaman. Di Asia Timur, gaharu dimanfaatkan sebagai pereda nyeri dan asma. Di beberapa negara, dimanfaatkan sebagai obat gosok yang memanfaatkan campuran gaharu dan minyak kelapa. Dan masih banyak lagi. Di wilayahmu gaharu dimanfaatkan untuk apa pembaca? Tulis di kolom komentar ya.

Bagaimana cara mendapatkan kayu gaharu?

Syarat mutlaknya adalah dengan mengenalinya terlebih dahulu. Mengenali tekstur batangnya, serabutnya, daunnya, bunganya, hingga aromanya. Jika sudah paham semuanya itu, pembaca bisa mencarinya di hutan terbuka yang memang ada pohon gaharunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan