Mohon tunggu...
Richard Andrew
Richard Andrew Mohon Tunggu... Dosen Universitas Tarumanagara

Seorang Warga Negara Indonesia yang antusias dengan perkembangan Dunia Bisnis, Pendidikan dan Olahraga.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Rekomendasi Inovasi Nomenklatur Kementerian di Indonesia

26 Mei 2020   19:35 Diperbarui: 26 Mei 2020   19:29 14 2 0 Mohon Tunggu...

Kementerian yang ada sekarang sudah sangat baik dan berusaha keras menjalankan tugas di masa pandemi yang tidak mudah bagi Indonesia maupun seluruh negara yang ada di dunia.  

Akan tetapi, nomenklatur kementerian yang sangat baik ini bukan tidak mungkin disempurnakan di masa mendatang agar negara dapat bekerja dengan lebih cepat dan baik.  Adapun rekomendasi inovasi nomenklatur agar lebih sederhana dan ramping terdiri dari 5 kementerian koordinasi dan 25 departemen kementerian.

Adapun lima rekomendasi terkait kementerian koordinasi ini adalah Menteri Koordinasi Perekonomian Indonesia, Menteri Koordinasi Hubungan Internal Indonesia, Menteri Koordinasi Prestasi Rakyat Indonesia, Menteri Koordinasi Hubungan Eksternal Indonesia dan Menteri Koordinasi Pembangunan Indonesia.  

Setiap Menteri Koordinasi memiliki kekuatan setingkat lebih tinggi daripada departemen kementerian yang dibentuk untuk memudahkan pengawasan dan pengambilan keputusan di lapangan.

Untuk kementerian yang ada dibawah koordinasi Menteri Koordinasi Perekonomian Indonesia adalah Kementerian Keuangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Pengembangan & Inovasi Bisnis yang menyederhanakan proses perindustrian dan perdagangan,  Kementerian Koperasi & Usaha Baru yang senantiasa memperhatikan perkembangan sektor ini dan Kementerian Peningkatan Kesejahteraan Sosial yang mempercepat pengentasan kemiskinan absolut di Indonesia.

Untuk kementerian yang ada dibawah koordinasi Menteri Koordinasi Hubungan Internal Indonesia yang menyelaraskan regulasi dengan harmoni adalah Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan yang bersinergi dengan Panglima Tentara Nasional Indonesia, Kementerian Komunikasi & Informasi Negara yang bersinergi dengan Kepala Kepolisian Republik Indonesia,  Kementerian Hukum & Hak Asasi Manusia yang bersinergi dengan Jaksa Agung dan Kementerian Agama.

Untuk kementerian yang ada dibawah Menteri Koordinasi Prestasi Rakyat Indonesia yang memastikan penambahan kuantitas dan kualitas prestasi nasional di berbagai bidang adalah Kementerian Pendidikan yang menyederhanakan skema riset dan menyempurnakan sistem pendidikan di Indonesia, Kementerian Olahraga, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kreativitas Rakyat Indonesia yang melestarikan sekaligus memperkenalkan kekayaan seni dan budaya negara dan Kementerian Peranan Wanita & Anak Muda Indonesia.

Untuk kementerian yang ada dibawah Menteri Koordinasi Hubungan Eksternal Indonesia adalah Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata & Investasi Global yang menyiapkan negara menjadi destinasi utama kunjungan dunia, Kementerian Tenaga Kerja yang menyiapkan kemampuan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan pasar internasional dan Kementerian Lingkungan Hidup & Tata Ruang Nusantara yang menyelaraskan sektor energi, pertanian, kehutanan dan maritim di Indonesia.

Untuk kementerian yang ada dibawah Menteri Koordinasi Pembangunan Indonesia adalah Kementerian Sekretariat & Perencanaan Negara yang menyelaraskan perencanaan dan proses administrasi, Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat, Kementerian Pembangunan Daerah Marginal yang berfokus mengubah pedesaan dan kawasan yang tertinggal menjadi layak huni, Kementerian Teknologi & Infrastruktur Digital dan Kementerian Mitigasi Bencana Nasional.

Jika hal ini terjadi dan diimplementasikan oleh Presiden, bukan tidak mungkin Indonesia akan semakin cepat menjadi yang terbaik tidak hanya secara lokal tetapi juga di dunia internasional.  Adapun perampingan ini hanya masukan untuk memperkuat kondisi stabilitas Republik Indonesia setelah pandemi.  Semoga pandemi global ini cepat berlalu dan tetap senantiasa melakukan ibadah dari rumah masing -- masing untuk nusa dan bangsa. Tetap semangat untuk negeri Republik Indonesia kita bersama ini!

VIDEO PILIHAN