Mohon tunggu...
Rias Puji Astuti
Rias Puji Astuti Mohon Tunggu... Lainnya - Profil Penulis

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bongkar Tabungan dan Launching Celengan Raksasa dalam Event "Pramana Sahitya Bringinan"

18 Juli 2022   15:20 Diperbarui: 18 Juli 2022   15:32 359 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Bringinan merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan Jambon, yang ulunya desa Bringinan masih berada di kecamatan Sumoroto. Karena kecamatan Sumoroto sangat luas, maka dipecahlah dan dibentuk satu kecamatan baru di Kabupaten Ponorogo yaitu Jambon. Penduduk desa Bringinan mayoritas beragama Islam. 

Di desa bringinan ini terdapat banyak anak - anak dan remaja yang masih bersekolah. Di desa bringinan ini memiliki sebuah program tahunan yang bernama ayo menabung yang sudah ada sejak tahun 2016. Adanya program ini karena uang koin jaman sekarang sudah tidak di anggap,sehingga munculah program ini. Program ini juga mengajak anak - anak untuk tidak menganggap sepele uang receh serta mengajak anak - anak untuk belajar menabung sejak dini. Dari menabung kita bisa membeli atau dapat memiliki simpenan uang. Sehingga apabila sewaktu - waktu ada hal yang tidak di inginkan kita dapat menggunakan uang tersebut. 

Program ayo menabung ini anak - anak dapat menabung uang mulai dari 100 rupiah hingga 2000 rupiah. Dengan tabungan yang diberi dari desa. Tabungan tersebut dapat dibuka satu tahun sekali. Dan dilaksanakan secara serentak. 

Tabungan secara massal ini dapat dibuka di rumah baca desa bringinan. Dengan adanya program desa tersebut,mahasiswa dari kampus Muhammadiyah Ponorogo mengadakan event dengan serta mengajak masyarakat desa bringinan untuk mengadakan event "Pramana Sahitya Bringinan". 

Event ini di hadiri oleh Bupati Ponorogo Bapak Sugiri Sancoko S.E, M.M serta wakil bupati ibu Hj. Lisdyarita S.H. selain bupati dan wakil bupati event ini juga dihadiri oleh DPRD Jawa Timur. selain itu terdapat beberapa rangkaian acara dalam event Pramana Sahitya Bringinan yaitu teatrikal bujang ganong cilik dan launching tabungan raksasa. Dalam teatrikal bujang ganong cilik ini menceritakan tentang asal mula kegiatan ayo menabung. Yang kemudian di ikuti secara masal anak - anak dari 18 desa. Sedangkan Celengan raksasa ini bertujuan untuk memantik semangat dari desa bringinan agar masyarakat desa bringinan juga giat menabung.

Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu memotivasi masyarakat untuk lebih menghargai uang koin. Dan mengajak hidup hemat dengan cara menabung. Serta meningkatkan rasa gotong royong dan rasa solidaritas antara masyarakat dan pemerintah desa.

oleh:

Aurielya Arda Swardani

Ilmu Komunikasi

Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan