Mohon tunggu...
Riap Windhu
Riap Windhu Mohon Tunggu... Perempuan yang suka membaca dan menulis

senang membaca dan menulis, cinta bersepeda, suka pada tema lingkungan. Menggemari dunia pemberdayaan masyarakat. Dapat dihubungi di email: rwindhu@gmail.com. Instagram : riapwindhu dan twitter @riapwindhu. Bisa juga di www.rindhuhati.com

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Kenapa Bakso dan Mie Ayam Enak Disantap Saat Momen Lebaran?

10 Juni 2019   13:40 Diperbarui: 10 Juni 2019   13:49 0 7 3 Mohon Tunggu...
Kenapa Bakso dan Mie Ayam Enak Disantap Saat Momen Lebaran?
Semangkuk bakso daging sapi yang menggoda (dok.windhu)

Mie Bakso dan Mie Ayam! Dua santapan berkuah ini memang sangat menggiurkan saat  lebaran tiba. Mie yang memenuhi mangkuk, bulatan bakso daging sapi di atasnya, sayuran sawi hijau, kuah kaldu sapi panas yang masih mengepul. Plus sambal dan kerupuk yang melengkapi, aduhai  makin indah rasanya silahturahmi

Silahturahmi? Begitulah. Bakso dan  mie ayam menjadi jajaran menu favorit yang akan disuguhkan kepada tamu yang berkunjung. Membuat sendiri? Belum tentu. Soalnya saat libur lebaran, biasanya ada saja tukang mie ayam dan bakso yang tetap berjualan. Jadi, tinggal beli dan beres untuk dihidangkan,

Lagipula saat lebaran, biasanya jarang sekali ada yang menolak disuguhkan  mie ayam dan bakso.  Alasannya sederhana saja, bosan dengan menu makanan serba bersantan dan serba daging yang hadir di saat hari raya.  

Namun, nggak cuma itu sebenarnya.  Bakso dan Mie Ayam merupakan kulineran yang  biasanya bisa diterima oleh lidah yang menyantapnya.  Orang dewasa laki dan perempuan, hingga anak kecil pun menyukainya.  

Bakso dan mie ayam menjadi makanan universal. "Makan mie ayam dan bakso saja, ya. Kita masak ketupatnya memang nggak terlalu banyak dan sudah tinggal sedikit," ujar lik Slamet saat kami berkunjung ke rumahnya untuk silahturahmi

Mangkuk-mangkuk berisi mie ayam bakso sudah berjejer di  hadapan dan tinggal disantap sesuai dengan jumlah rombongan tamu yang datang. Wuih, inilah makanan yang ditunggu-tunggu setelah makanan lebaran yang enak-enak, seperti rendang, opor, sambal goreng kentang ati, dan sayur santan ketupat.

Jadi, tanpa sungkan,  mie ayam ataupun mie bakso  yang tersaji biasanya tandas ludes.  Sedikit kepedasan karena ditambah dengan tuangan sambal dan kecap, justru menambah semangat  memakannya.

Mie Ayam Bakso (dok.windhu)
Mie Ayam Bakso (dok.windhu)

Bakso yang Bervariasi

Ngomongin Bakso, saat ini banyak sekali variasinya di Indonesia. Bentuknya pun tak melulu harus bulat penuh dan berwarna abu-abu. Bakso ada yang berbentuk hati sehingga dinamakan bakso cinta. Ada bakso yang berisi bakso lagi di dalamnya sehingga dibilang bakso beranak.

Ada bakso yang dinamakan sesuai dengan bentuknya, yakni bakso kerikil, bakso balungan, bakso unyil. Ada bakso raket.  Ada bakso gepeng  yang bentuknya gepeng alias pipih. Ada  bakso yang berisi keju ataupun cabe di dalamnya. Dari segi ukuran, ada bakso berukuran bola tenis yang isinya telur ayam. Ada bakso urat yang memang diisi dengan irisan urat dan daging tetelan.

Dari bahan pembuatannya, bakso juga tidak juga selalu dari daging sapi. Ada bakso ikan karena terbuat dari ikan. Bakso udang karena terbuat dari udang. Bakso ekor kuning karena terbuat dari ikan ekor kuning.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3