Riap Windhu
Riap Windhu Sales

senang membaca dan menulis, cinta bersepeda, suka pada tema lingkungan. Menggemari dunia pemberdayaan masyarakat. Saat ini aktif di sebuah perusahaan asuransi jiwa. Dapat dihubungi di 081287749530. Email: rwindhu@gmail.com. Instagram : riapwindhu dan twitter @riapwindhu. Bisa juga di www.rindhuhati.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Bebas Beraktivitas dengan Krim Otot Bebas Pegal Geliga

4 November 2017   23:56 Diperbarui: 5 November 2017   00:04 2139 1 0
Bebas Beraktivitas dengan Krim Otot Bebas Pegal Geliga
Melakukan aktivitas olahraga ataupun bersama teman-teman di luar ruang, persiapkan selalu geliga krim untuk bebas pegal. Aktivitas pun bisa berlangsung tanpa hambatan (dokpri)

PERJALANAN menyusuri lereng Gunung Salak itu mulai terasa melelahkan. Beban bawaan ransel di pundak seakan memberat. Langkah kedua kaki pun perlahan melambat. Perlu hati-hati karena jalanan tanah yang dipijak cukup licin karena basah. Pepohonan lebat ada di sisi  kiri dan sisi kanan.

Beberapa kali, kawan saya bertanya kepada pemandu yang membawa kami, "Lokasinya masih jauh, kang?" Sementara Kang Deni,  yang membawa kami tertawa sebelum menjawab, "Tenang, sebentar lagi. Paling cuma 500 meter lagi."

Nyatanya, jarak yang ditempuh masih lebih dari 500 meter. Ucapan itu merupakan penyemangat  agar kami tetap melangkahkan kaki. Tetap berada pada jarak yang terjaga dengan rombongan komunitas yang diikuti.

Saya menghela napas  kemudian menghembuskannya. Segar  terasa. Kami sudah melalui hutan pinus. Akhirnya senyum lega menghias wajah saya saat  langkah kaki berhasil mencapai  lokasi punden Pasir Manggis, situs purbakala yang menempati areal yang sempit dan diapit oleh tiga jurang.

Saya bisa melihat di depan saya, batu-batu menhir yang usianya ribuan tahun. Batu-batu pipih yang merupakan bagian dari situs megalitikum. Mencermati seraya mendengarkan penjelasan dari pembina komunitas yang berpengalaman dan menguasai sejarah.

Setelah itu, kami beranjak ke situ-situs lainnya yang ada di kompleks situs Cibalay yang tersebar di kaki Gunung Salak. Tentunya, semua harus dicapai dengan berjalan kaki. Jalan yang dilalui tentu saja  menanjak saat naik, datar, maupun menurun saat meninggalkan lokasi. Lebih banyak jalan tanah yang licin dan basah. Sehingga kadang pula terpeleset bila meleng sedikit dan kurang hati-hati.  

Mengisi hari Minggu dengan mengunjungi lokasi baru, terutama yang bersejarah, menjadi salah satu hal yang menyenangkan buat saya bila ada kesempatan bersama komunitas.Bisa lebih tahu dan bukan sekedar jalan-jalan. Selain bisa menambah teman, wawasan pengetahuan pun meningkat.

Seperti halnya saat  ke situs megalitikum ini yang ada di Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Berangkat pagi-pagi dari Jakarta. Naik Commuter Line ke Stasiun Bogor, yang kemudian dilanjutkan dengan naik angkot lebih dari sekali. Selanjutnya sampai di tempat berkumpul dan memulai perjalanan dengan kaki. Plus ditambah guyuran hujan yang turun.  

Berjalan kaki menanjak di lereng gunung sambil ikut kegiatan termasuk olahraga lho! Butuh waktu berjam-jam! (dokpri)
Berjalan kaki menanjak di lereng gunung sambil ikut kegiatan termasuk olahraga lho! Butuh waktu berjam-jam! (dokpri)
Aktivitas yang bikin bahagia. Berjalan kaki menanjak berjam-jam saya anggap sebagai olahraga. Nggak bisa dipungkiri, walaupun senang hati, tetap terasa lelah di badan. Terutama pegal pada kaki. Teman saya sambil bersender di kursi commuter line saat perjalan pulang ke Jakarta, lepas maghrib berkata,"Pegal juga, padahal besok Senin. Hari kerja."     

Saya tersenyum sambil memijit bagian betis. Meski berujung pegal, saya suka melakukan berbagai aktivitas luar ruang yang memerlukan jalan kaki ataupun bersepeda. Terutama di akhir pekan. Ya, bersepeda merupakan olahraga yang saya sukai. Biasanya saya bersepeda melalui jalan-jalan perumahan. Berkeliling beberapa kali hingga saya berkeringat selepas subuh. Saya suka sekali menikmati pemandangan yang temui selagi bersepeda. 

Olahraga bersepeda modalnya hanya sepeda dan sepatu olahraga. Dilengkapi helm bila jarak tempuhnya jauh. Soal intensitas waktu bersepeda, saya sesuaikan dengan waktu luang yang miliki dan kesanggupan. Tiga puluh menit cukup kalau hanya berputar dekat rumah saja. Sesekali saya ikut fun bike ataupun berkeliling yang cukup jauh. Memanfaatkan momentum car free day, biasanya, saya memulainya dari rumah di slipi, menyusuri pinggiran jalan tol kebun jeruk, melewati jl panjang, permata hijau, senayan, hingga mencapai Jl. Sudirman dan Thamrin. Saya melakukannya hingga mencapai Monas tanpa jeda. 

Beristirahat di Monas, sebelum kemudian mengayuh kembali menempuh rute yang sama. Nah kalau mengambil rute ini biasanya butuh berjam-jam. Tentu saja plus istirahat dan mengayuh perlahan. Setelah adanya jalan layang Permata Hijau, lebih menantang karena harus mengeluarkan tenaga lebih. Kekuatan otot kaki pun harus lebih karena biasanya saat kayuhan menanjak terasa tekanan di paha dan betis. 

Monas, destinasi olahraga sepedahan yang saya lakukan setelah melewati jalan Jendral Sudirman Thamrin (dokpri)
Monas, destinasi olahraga sepedahan yang saya lakukan setelah melewati jalan Jendral Sudirman Thamrin (dokpri)
Aktivitas Dalam Ruang

Nyeri di paha, betis, atau punggung biasanya  baru terasa saat sudah selesai kegiatan. Beberapa jam setelah ada di rumah. Kalau bersepeda, agak njarem di bagian paha atas kalau terlalu memaksakan diri berlebih mengayuh. Padahal, sampai di rumah juga bukan berarti pekerjaan rumah usai.

Pekerjaan rumah? Hehehe, maksudnya mulai dari mencuci piring, menyetrika pakaian, mencuci baju, hingga beres-beres rumah. Pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan karena memang tidak akan ada yang mengerjakan selain diri sendiri jika tidak ingin rumah berantakan.

Selain pekerjaan rumah, aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari dalam ruang pun bisa menyebabkan pegal nyeri otot. Kesannya sepele banget sih, tapi pegal itu bisa terasa nggak cuma di kaki. Biasanya, saya merasa pegal di pundak, punggung dan leher.

Saya biasa mengetik di depan komputer cukup lama. Posisi duduk yang lama membungkuk dan tidak selalu  tegak, membuat punggung nyeri. Area di seputaran pinggang pun tikut terasa pegal bila saya tidak atau luput menyempatkan diri untuk melakukan peregangan tubuh. Terkadang, saya memutar musik dan bergerak mengikuti iramanya selama beberapa waktu untuk menghilangkan pegal.

Saat di rumah sudah capek, saya pun seringkali gampang tertidur saat di depan televisi. Padahal, posisi tidur yang tidak baik bisa juga menimbulkan pegal. Posisi badan yang salah, seperti penggunaan bantal yang nggak bener seringkali membuat  leher saya pegal.   

Belum lagi, kebiasan saya yang suka kepraktisan dengan membawa semua yang diperlukan dalam satu tas yang bisa diselempangkan atau dimasukkan seluruhnya ke dalam satu ransel. Nggak jarang kalau bawaan tas berat, pundak pegal. Ditekan tidak terlalu kencangpun, nyerinya sudah terasa.  

Berolahraga dapat memanfaatkan area car free day di hari minggu untuk sepedahan atau berlari. (dokpri)
Berolahraga dapat memanfaatkan area car free day di hari minggu untuk sepedahan atau berlari. (dokpri)
Krim Otot Sebagi Solusi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2