Mohon tunggu...
YUSRIANA SIREGAR PAHU
YUSRIANA SIREGAR PAHU Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Nama : Yusriana, S.Pd, panggilan : Yus. Lahir : Sontang Lama, Pasaman. pada Minggu, 25 Mei 1975, beragama Islam dengan riwayat pendidikan SD Negeri Sontang Lama, MTsN Lubuk Sikaping, MAN Lubuk Sikaping, S1-FKIP UMSB.Rencana S2-UNP Jurusan: Bahasa Indonesia. Hobi: Membaca, menyanyi, baca puisi, dan memasak.Kategori tulisan paling disukai artikel edukasi dan cerpen.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Perjanjian Pranikah Pentingkah?

14 Agustus 2022   17:13 Diperbarui: 14 Agustus 2022   17:24 196 31 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Usai tukar cincin: sumber foto fimela.com

Perjanjian Pranikah 

Sebetulnya perjanjian pranikah ini berbeda-beda tiap-tiap daerah. Menyesuaikan dengan adat istiadat setempat. Seperti di Sontang, Pasaman, Sumatera Barat, sebelum menikah ada istilah marsapa (melamar).

Istilah marsapa ini saat ini menimbulkan pro dan kontra pada sebagian masyarakat karena dinilai memberatkan. Sejauhmanakah marsapa di daerah itu dipandang memberatkan? Lalu apakah perjanjian pranikah ini penting? Bagaimana pandangan Islam atas perjanjian pranikah?

Baca juga: Sakit

Pada daerah tertentu pada saat marsapa inilah biasanya perjanjian pranikah itu ditetapkan. Adapun perjanjian pranikah ini di antaranya:

1. Pihak mempelai wanita bersedia dibawa pihak suami ke mana saja sesuai tempat suami bekerja.

Di daerah ini sudah menjadi idiom tersendiri jika ada lelaki melamar, Padang pikir-pikir, Sidempuan ayoklah, Medan okelah, Jakarta torus dopur (langsung setuju dengan ikhlas).

Arti idiom itu jika ada lelaki melamar sesama orang kampung si wanita pikir-pikir dulu. Jika dibawa ke Sidempuan atau Medan oke tapi masih kurang ikhlas. Namun jika lelaki yang melamar memboyong ke Jakarta maka tanpa pikir panjang si wanita langsung setuju.

2. Perjanjian Uang Mosok dan Mahar

Mempelai wanita yang dilamar pada saat marsapa akan mengajukan uang mosok. Uang mosok adalah sejumlah uang pemberian dari pihak lelaki kepada pihak keluarga wanita. Uang mosok bisa mencapai ratusan juta rupiah tergantung kondisi keluarga dua mempelai.

Biasanya jika si wanita memiliki pendidikan sarjana minimal uang mosok sekarang 60 juta dan jika memiliki barang emas pula si wanita dan berpendidikan sarjana pula maka uang mosok menjadi dua kali lipat. Bisa jadi 120 juta atau 200 juta. Tergantung kesepatan orang tua-tua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan