Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Freelancer - Content Creator

Simple, Faithful dan Candid

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Adira Festival Yogyakarta, Selebrasi HUT Adira ke-13 dengan Warna-Warni Budaya

12 Oktober 2023   02:49 Diperbarui: 12 Oktober 2023   02:50 2182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ratusan penari menampilkan pesona liukan gerakan gemulai khas tarian tradisional Jawa. Mereka cukup atraktif menghibur warga Jogja yang sedang merayakan ultah kotanya. 

Penyelenggaranya tentu tak main-main. Kota Jogja yang selama ini populer sebagai kota wisata, seni dan budaya ini memang kaya akan kesenian daerah yang hingga kini masih dilestarikan. 

Para penari muda seakan ingin membuktikan bahwa Jogja sampai kapan pun takkan kehilangan "jogja"nya. So, tarian massal ini cukup menyedot banyak perhatian warga di pagi itu.   

Beberapa tarian yang ditampilkan adalah 'Tari Golek Ayun-Ayun' yang bercerita tentang remaja perempuan yang tengah mencari jati diri.

'Tari Jampi Jogja' juga ditampilkan sebagai tari kreasi yang mengingatkan kita tentang jamu atau minuman tradisional Jawa (Indonesia).  

Tak kalah menarik ada 'Tari Nirbaya' (Edan-Edanan)' yang merupakan tarian penolak bala (bahaya).  

Tarian lain yang tak kalah seru adalah 'Tari Rara Ngigel', 'Tari Jathilan' dan 'Tari Lenggot Siwi" yang ditampilkan cukup kompak. So, ini sebenarnya event apa sih?

Adira Membangkitkan Atmosfer Budaya & Ekonomi di Kota Jogja

Doc. Pribadi (Riana Dewie)
Doc. Pribadi (Riana Dewie)

Sebagai orang Jogja, saya cukup antusias dengan beragam event menarik yang diadakan di kota ini. Selain sebagai bentuk hiburan, saya juga mendapatkan banyak informasi dan edukasi, terlebih jika acaranya memang bermanfaat. 

Salah satu yang cukup meramaikan di pekan HUT kota Jogja tahun ini adalah event Adira Festival yang dimeriahkan dengan banyak kegiatan menarik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun