Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Freelancer - Content Creator

Simple, Faithful & Candid

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Ketika Siomay dan Batagor Membangun Kenangan Masa Kecil

14 September 2021   23:57 Diperbarui: 15 September 2021   00:22 102 4 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ketika Siomay dan Batagor Membangun Kenangan Masa Kecil
Siomay di Warung Batagor Kang Bob (Riana Dewie)

Saat masih kecil, siomay menjadi jajanan favorit saya. Abang siomay dengan sepeda ontelnya yang tak pernah absen melewati jalan depan rumah selalu menaikkan mood baik saya. Sekalinya berhenti, jajanan yang ditawarkan dengan harga super murah ini dikerubungi oleh ibu-ibu yang sedang momong anak-anak mereka.

Ya, fenomena ini saya ingat betul menjadi momen yang dirindukan di hampir setiap sore. Ketika tutup panci siomay dibuka, pembeli pun meleleh dengan aroma tenggirinya yang khas sehingga membuat nafsu makan mendadak naik. Hahaha, siomay memang camilan masa kecil yang selau saya rindu.

Siomay dan Batagor, Apa Bedanya?

Tak seperti siomay yang sudah saya kenal semenjak kecil, batagor justru saya temukan saat beranjak dewasa. Walaupun mereka telah dinobatkan sebagai makanan yang sangat erat kaitannya, seperti "kakak-adik", rupanya batagor memiliki daya tarik yang berbeda.

Sama-sama berasal dari Bandung dan disajikan dengan bumbu kacang yang sama, ternyata kedua jajanan ini memiliki beberapa perbedaan perihal proses pembuatannya. Dari sebuah referensi yang saya baca, siomay berasal dari kata "Shoa-Mau" yang artinya tepung terigu.

Siomay menjadi jajanan favorit (Riana Dewie)
Siomay menjadi jajanan favorit (Riana Dewie)

Dibuat dari bahan utama tepung terigu dan campuran daging/ikan/udang, diomay lalu dibungkus dengan kulit pangsit. Selanjutnya, dikukus beberapa menit hingga matang dan siap disajikan. Sajian dimsum ala Cina ini memang memiliki penggemar yang tak sedikit karena rasanya yang gurih nikmat. Apalagi disajikan dengan kentang, tahu, kubis bahkan sayur pare, pasti makin nikmat ya :D

Lalu, bagaimana dengan batagor? Ternyata batagor adalah kepanjangan dari "Bakso Tahu Goreng". Walaupun proses akhirnya adalah dengan digoreng, namun batagor harus dikukus terlebih dahulu. Adonan ikan atau daging cincang dibungkus dengan tahu, lalu digoreng.

Semakin hari jajanan ini mengalami inovasi dimana batagor disajikan dengan kulit tahu maupun pangsit seperti yang saat ini sedang populer. Nah, pas banget dengan batagor Kang Bob yang kemarin habis saya nikmati. Enak gak sih kira-kira? Sabar sebentar, habis ini saya review bagaimana kelezatannya :D

Batagor Kang Bob (Riana Dewie)
Batagor Kang Bob (Riana Dewie)

Batagor Kang Bob Menyajikan Siomay dan Batagor di Warung Bernuansa Heritage

Warung Batagor Kang Bob yang ada di jalan Jl. Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Danurejan, Jogja ini memang unik. Kesan pertama saat saya mendatangi warungnya adalah penampakan bangunan heritage yang sangat menarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan