Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Freelancer - Content Creator

Simple, Faithful & Candid

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sound of Borobudur Menawarkan Nilai dan Spirit tentang Candi Borobudur

2 Juli 2021   06:00 Diperbarui: 2 Juli 2021   11:58 232 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sound of Borobudur Menawarkan Nilai dan Spirit tentang Candi Borobudur
Sound of Borobudur (Dok. Riana Dewie)

Melalui Sound of Borobudur, kita akan "merasakan" Borobudur tanpa harus menginjakkan kaki ke candi. Dengan Sound of Borobudur pula, kita bisa semakin menyadari bahwa Borobudur bukan sekadar latar menarik untuk melakukan swafoto dengan gaya ala gen milenial jaman sekarang.

Lebih dari itu, Borobudur ternyata mampu mempersatukan nusantara dan dunia dengan musiknya. Tentu saja, ini karena Borobudur memiliki lebih dari 200 relief alat musik juga 40 relief ansambel musik yang begitu menarik.

Inilah sejarah baru perkembangan peradaban manusia di abad ke-8 yang mempersatukan bangsa-bangsa di dunia. Yuk teriakkan, "Wonderful Indonesia...".

Perhelatan Sound of Borobudur Diselenggarakan secara Daring dan Luring

Menjadi salah satu saksi dari perhelatan Sound of Borobudur memang menjadi kebanggaan tersendiri. Ya, acara yang saya ikuti langsung via Zoom setelah sebelumnya saya telah melakukan registrasi di website mice.id/ICB/online ini menawarkan sebuah persepsi baru tentang "Borobudur" dalam arti yang lebih luas.

Acara ini hanya ditayangkan secara daring? Tentu tidak. Selain ditayangkan via zoom, YouTube Sound of Borobudur juga YouTube Harian Kompas, konferensi bergengsi ini juga diadakan secara langsung di Balkondes Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/6/2021).

Beberapa Musisi dan Tamu Penting Meramaikan Konferensi Sound of Borobudur

Konferensi Internasional Sound of Borobudur "Music Over Nations: Menggali Jejak Persaudaraan Lintas Bangsa Melalui Musik" ini digawangi oleh Trie Utami, dengan dukungan musisi lain seperti Dewa Budjana, Viky Sianipar, dan para pegiat musik Sound of Borobudur lainnya.

Beberapa musisi dan tamu yang hadir (dok. Riana Dewie)
Beberapa musisi dan tamu yang hadir (dok. Riana Dewie)

Orkestra Sound of Borobudur dilantunkan sangat indah saat pembukaan konferensi, dan ini luar biasa membuat saya terharu.

Beberapa tamu penting turut hadir dalam konferensi ini. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno selaku keynote speaker memberikan sapaan dan kekaguman kepada tim Sound of Borobudur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN