Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Freelancer - Content Creator

Simple, Faithful dan Candid

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Suka Nge-Vlog? Yuk Belajar Rumus A-B-C dari Selebgram Ini!

4 Maret 2020   14:29 Diperbarui: 4 Maret 2020   20:41 408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kak Monyo, selebgram pemilik akun @cogankulineran dan @fyijogja (dok.Riana Dewie)

"Nge-vlog yuk ...", ajakan seorang teman agar saya makin pede untuk setor muka di layar medsos. Jujur deh, itu sepertinya bukan saya banget. Iya, saya kan pemalu, sekaligus malu-maluin. Hahaha....

Buat teman-teman yang jago nge-vlog, saya angkat jempol deh buat kalian. Menyeimbangkan ritme suara serta mengatur angel video yang tepat saya rasa gak mudah. Tapi ya, jaman sekarang, yang rada-rada meleset dan gokil justru menarik perhatian orang. Ya gak sih? Kayak TikTok gitu. Hehe

Saya pribadi sih punya rencana bikin konten vlog untuk kedepannya, tapi ya lumayan terasa berat sih di awal. Selain gak terbiasa untuk hahahihi secara spontan di depan layar, saya bukan tipe orang yang gercep dapat kata-kata atau kalimat yang menarik & enak didengar. Dan yang pasti, belum bisa lepas untuk cuap-cuap di ruang publik, masih ada rasa malu dan grogi. Halah... wkwkkwk

Sebagian bidadari KJOG mulai ngopi & nye-nack di coworking space Sleman City Hall (dok. Vika K.)
Sebagian bidadari KJOG mulai ngopi & nye-nack di coworking space Sleman City Hall (dok. Vika K.)

Jadi Vlogger itu Modalnya Mahal? 

Sadar juga sih, vlogger jaman sekarang itu kan media berkreativitasnya canggih nan keren. Pada tahu lah, harga 'ubo rampe' nya kalau ditotal bakal selangit deh itu. Alat perangnya juga belum ngumpul. Waduh, gimana dong ini?

Itu sih kehawatiran saya dulu, sebelum mengikuti kelas Nge-vlog nya kak Monyo beberapa waktu lalu bareng komunitas KJOG (Kompasianer Jogja). Jadi, doi tuh ngajarin bahwa untuk jadi vlogger, gak harus selalu keluarin modal gede. Bisa banget loh cuma pake smartphone yang kita punya sekarang. Weh, seriusan?

Download Ilmu
Download Ilmu
Beneran dong. Mau cerita dikit nih, selepas acara #DownloadIlmu "Cara Bikin Video Vlog dari HP", saya jadi punya bekal ilmu loh buat cobain nge-vlog. Ya, minimal melatih diri sendiri buat pede dulu, terus ke depannya bisa atur angel kamera sesuai kebutuhan.

Kamu Harus Tahu Ini Saat Membuat Video Vlog

Buat belajar di tahap awal ini, boleh lah kita ambil video-video menarik di sekitar kita. Ga usah setor muka dulu kalau emang belum pede. Toh saya pikir, vlogger yang hari ini femes-pun butuh proses yang panjang untuk mengasah ke-pede-an & membuat materi menarik seperti saat ini.

Penasaran gimana cara nge-vlog praktis, murah dan gak ribet? Oke, saya bocorin dikit-dikit ya ilmunya.

Selebgram Monyo saat memberi ilmu tentang nge-Vlog (dok.Riana Dewie)
Selebgram Monyo saat memberi ilmu tentang nge-Vlog (dok.Riana Dewie)
1. Cocok Buat Kamu yang Malas Nulis 

Kak Monyo bercerita bahwa ia suka membuat video vlog karena kadang kurang memiliki waktu untuk menulis. Ehmmm, kalau saya lebih ke faktor malas sih. Hahaha....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun