Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Content Creator

Simple, Faithful & Candid

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Resep Ajinomoto, Menu Sederhana Rasa Istimewa

8 Maret 2017   20:20 Diperbarui: 8 Maret 2017   23:02 2015 6 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resep Ajinomoto, Menu Sederhana Rasa Istimewa
dsc07395-jpg-58c00323ce9273d354a12b67.jpg

Sejak masih kecil, saya hobi banget menunggui ibu memasak di dapur. Selain gak sabaran mencicip hasil masakan ibu yang biasanya enak, saya memang suka berantakin dapur dengan campur aduk bahan makanan, iris-iris bawang, buatin bumbu dan menyelesaikan perkara-perkara dapur lainnya. Hehe... Kini setelah beda rumah dengan ibu, sebuah kerinduan muncul. Saat kehabisan bumbu dapur, dulu ibu meminta saya untuk membelikannya ke penjual sayur dekat rumah. “Mbak, beliin moto ya. Kurang sedap kalau gak pake moto...”, pinta beliau. Pernah saya tanya, kenapa bumbu vetsin/micin/MSG ini disebut ‘moto’ oleh ibu saya. “Lha penyedap rasa yang dari dulu kita gunakan kan Ajinomoto toh...”, jawab beliau santai dengan khas medoknya.

Siapa yang Tak kenal ‘Ajinomoto’?

Dari masa ke masa, merk MSG Ajinomoto memang sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Ibu-ibu yang hobi memasak sudah pasti bersahabat dengan Ajinomoto, tak terkecuali saya.

Betapa bangganya saya saat orang rumah berkomentar ‘ehmmm...enak....’ atas menu yang saya masak, sebangga saya dan beberapa sahabat kompasianer saat berkesempatan mengunjungi PT. Ajinomoto Indonesia yang ada di Mojokerto untuk bisa berkeliling dan melihat secara langsung proses produksinya. Banyak pengalaman unik dan sambutan hangat yang kami dapat.  

Aneka Produk Penyedap PT. Ajinomoto (Dok.Pri)
Aneka Produk Penyedap PT. Ajinomoto (Dok.Pri)
Dengan dedikasinya yang besar, tak heran jika perusahaan ini masih diterima baik oleh masyarakat hingga kini. Jika Anda pernah memasak dengan tambahan MSG Ajinomoto, Masako, SAORI, Sajiku atau Mayumi, berarti Anda adalah orang beruntung karena sudah menikmati produk penyedap rasa no. 1 di dunia yang pastinya menyehatkan, berkualitas dan terpercaya sejak tahun 1969.

Benarkah MSG/Vetsin/Micin itu Berbahaya?

Ajinomoto adalah salah satu bahan penyedap masakan yang lebih dikenal orang sebagai vetsin, micin atau dengan sebutan ilmiah MSG (Monosodium Glutamate). MSG sendiri mengandung umami, yaitu rasa gurih yang menyenangkan dari beberapa bahan makanan. Rasa Umami ini akan terasa di seluruh permukaan lidah, bertahan lama serta memicu sekresi air liur secara terus-menerus. Nah, baru sadar kan, mengapa air liur Anda bergejolak saat sajian makanan lezat hadir di depan mata :D

Dapur Umami PT. Ajinomoto
Dapur Umami PT. Ajinomoto
Dibalik gurihnya umami ini, muncul kontroversi masyarakat tentang keamanan konsumsi MSG. Atas dasar opini pribadi dan belum dibuktikan secara ilmiah, banyak orang mulai terpengaruh dengan berita-berita negatif tentang MSG. Lalu, faktanya seperti apa?  

MSG (Monosodium Glutamate) ini pada awalnya ditemukan oleh Dr. Kikunae Ikeda pada tahun 1908 yang melibatkan proses isolasi hydrolyzates konbu (rumput laut Jepang). Selanjutnya, perusahaan Ajinomoto di Jepang mulai memproduksi MSG dalam jumlah besar sejak tahun 1912 sembari tetap melakukan penelitian untuk menghasilkan MSG dengan kualitas terbaik. Saat ini pabrik Ajinomoto menghasilkan glutamat dari hasil fermentasi karbohidrat (tetes tebu) yang ditambah Na dan dikristalkan.

Kompasianer incip tetes tebu di Pabrik Ajinomoto Mojokerto (Dok.Pri)
Kompasianer incip tetes tebu di Pabrik Ajinomoto Mojokerto (Dok.Pri)
Apakah mengkonsumsi MSG itu berbahaya seperti berita yang selama ini beredar? Untuk menjawabnya, saya akan mencoba menjabarkan hal-hal sederhana yang bisa dipahami bersama.

1. Bahan Makanan Penghasil Glutamat ini Alami

Glutamat atau bahan dasar MSG ini biasanya dihasilkan dari jagung, singkong, asparagus, kubis, tomat, alpukat, kerang, kepiting, rumput laut, susu sapi, ASI, keju chedar, daging sapi, daging ayam, dsb.

Kesimpulan : MSG diproduksi dari bahan-bahan alami sehingga aman dikonsumsi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x