Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Content Creator

Simple, Faithful & Candid

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Pesona Gembira Loka Zoo “Bukan Sekedar Rekreasi”

27 Oktober 2014   18:16 Diperbarui: 30 Maret 2016   22:20 11039 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Gembira Loka Zoo “Bukan Sekedar Rekreasi”
14143806472059019963

sumber : gembiralokazoo.com

 

Di kota Gudeg Yogyakarta, berdirilah sebuah kebun binatang yang menyuguhkan berbagai pemandangan menarik seputar alam, satwa, wahana permainan dan berbagai hiburan lainnya. Gembira Loka Zoo, kebun binatang yang terletak di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di antara jalan Kebun Raya dan jalan Veteran ini telah berhasil menarik banyak wisatawan, baik domestik maupun luar negeri.

Gembira Loka Zoo dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami peningkatan yang sangat pesat. Tempat ini memang memiliki daya tarik tersendiri sehingga membuat para wisatawan hobi untuk berkunjung di tempat  yang penuh dengan wahana permainan ini. Kebun raya ini kini menjadi salah satu tempat wisata yang ‘sangat diperhitungkan’ oleh para wisatawan saat berada di Yogyakarta.

Saya sendiri punya banyak cerita menarik tentang Gembira Loka Zoo, dengan berbagai keistimewaannya, kuliner yang mantab dan tentunya berbagai wahana serta atraksi menarik satwa-satwa disana.

Lalu, apa saja keistimewaan kebun binatang Gembira Loka ini? Yuk, ikuti cerita saya selanjutnya :)

Sejarah Berdirinya Gembira Loka Zoo

Pada saat itu, ide awal pembangunan Kebun Binatang dan Kebun Raya Gembira Loka berasal dari keinginan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1933 dimana beliau berencana membangun sebuah tempat hiburan yang dinamakan dengan Kebun Rojo. Hal ini juga semakin dikuatkan saat usai perang dunia II tahun 1949, dimana Ibukota negara yang dari Yogyakarta kembali lagi ke Jakarta, tercetus ide untuk membangun sebuah tempat hiburan sebagai kenang-kenangan untuk masyarakat Yogyakarta. Dipelopori oleh Januismadi dan Hadi, SH., ide ini disambut antusias oleh masyarakat namun realisasinya saat itu belum terlihat. Akhirnya, di tahun 1959, KGPAA Paku Alam VIII menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan Gembira Loka. Dipilihnya Tirtowinoto karena yang bersangkutan dinilai memiliki kecintaan terhadap alam dan minat yang besar terhadap perkembangan Gembira Loka. Sumbangsih Tirtowinoto pada saat itu tidaklah sedikit, baik dalam hal pemikiran maupun material karena terbukti mampu membawa kemajuan yang pesat bagi Gembira Loka. Puncaknya di tahun 1978, koleksi satwa yang dimiliki semakin lengkap sehingga pengunjung Gembira Loka saat itu telah mencapai 1,5 juta orang. Wow, sejarah perkembangan yang luar biasa.

Gembira Loka Zoo kini Lebih Mempesona

14143820281873577614
14143820281873577614
Satwa di Gembira Loka Zoo (Dok. Pribadi)

Tahukah Anda bahwa Gembira Loka yang sekarang sangat berbeda dengan Gembira Loka yang dulu? Dulu satwanya monoton, tidak ada penambahan satwa baru hingga beberapa tahun. Arena bermainnya terbatas. Kapal di danaunya juga sudah usang dan tak menarik. Cat bangunan yang memutari tempat wisata tersebut juga sudah pudar karena sudah lama tidak diadakan renovasi. Tapi sejak diadakan pemugaran besar-besaran, Gembira Loka menjadi tempat wisata yang lebih unik, spesial dan menyenangkan. Keseriusan pengelola kebun binatang Gembira Loka ini terlihat dari penataan ruang yang begitu ciamik, suguhan alam yang begitu menarik, variasi satwa yang semakin beragam dan unik serta Informasi mengenai binatang yang dipamerkan juga lebih lengkap dan representatif.

 

Suguhan ‘Wisata Edukasi’ Bagi Para Pengunjung

Bukan hanya wisata alam yang disuguhkan oleh Gembira Loka Zoo. Berbagai ilmu juga akan Anda dapatkan ketika berkunjung di kebun binatang ini. Saat memasuki tempat ini, bangunan pertama yang Anda temui adalah sebuah museum, bukan kandang berjeruji berisi binatang buas seperti kebun binatang lain pada umumnya. Museum atau laboratorium edukasi alam ini menampilkan banyak suguhan seputar varietas flora dan fauna yang ditata dalam beberapa pigura raksasa yang sangat menarik. Contoh satwa yang dipamerkan adalah berbagai jenis serangga, burung, harimau dll. Disana juga dipamerkan berbagai tanaman langka dari berbagai belahan dunia untuk memperkaya ilmu para pengunjungnya. Tidak lupa juga bahwa setiap jenis/spesies yang terpampang juga dilengkapi dengan informasi nama satwa/tanaman tersebut sehingga setiap pengunjung dapat memahaminya secara langsung.

1414381104846257742
1414381104846257742
Museum Flora dan Fauna (Dok. Pribadi)

Selain museum yang isinya ditata seperti layaknya laboratorium edukasi alam, kebun binatang Gembira Loka juga mempunyai tempat budidaya ternak dan tumbuhan. Budidaya tersebut dikelola secara profesional dengan tenaga yang memang ahli di bidangnya. Tidak menutup kemungkinan jika di masa depan, budidaya ternak dan tumbuhan ini dapat memenuhi kebutuhan flora dan fauna bagi kebun binatang lainnya di Indonesia.

 

Ledakan “Variasi Satwa” di Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Anda menyuguhkan berbagai satwa menarik yang belum tentu ada di tempat lainnya. Cukup datang ke Gembira Loka, Anda sudah bisa menyaksikan "the world's largest living lizard" yang masuk dalam daftar UNESCO world heritage. Pada periode tahun 1992 hingga 1996, Gembira Loka menjadi tempat penangkaran komodo ex situ (di luar habitat aslinya) yang paling berhasil sehingga mendapatkan penghargaan pada Konferensi Komodo Dragon tahun 1998 di Thoiry, Paris. Wow, sebuah prestasi yang sungguh mengagumkan.

Komodo dragon hanyalah salah satu koleksi disana. Gembira Loka juga memiliki berbagai koleksi satwa lainnya seperti koleksi ular, katak dari berbagai negara, kaiman, soa, kura-kura, dan biawak. Aneka hewan lain seperti gajah, orang utan, harimau, macan, monyet, onta, burung, rusa, Kijang, zebra hingga kudanil juga dapat ditemui di tempat ini. Khusus Gajah dan Onta bisa dijadikan sebagai hewan tunggang yang dapat membawa Anda berjalan-jalan dalam area khusus.

 

Pilih ‘Wahana Hiburan’ Sesuai Selera Anda

Berbicara mengenai wahana hiburan di Gembira Loka, Anda dapat memilih berbagai macam permainan menarik, seperti : Kapal Katamaran, Speed Boat, Skuter Air, Perahu Kayuh, Sepeda Air, Perahu Senggol, Kano Air, Banana Orca, Kolam Tangkap, Terapi Ikan, Sirkuit ATV, Perahu Gethek, Kereta Keliling (Taring), Taman Labirin dan berbagai permainnya lainnya.

Jika Anda menghendaki wisata air yang ringan dan tidak terlalu ekstrim, silahkan naik perahu Senggol dan Kano air di danau buatan yang lebih kecil. Selain itu, berbagai wahana kolam juga tersedia disana, diantaranya kolam tangkap, terapi ikan, kolam sentuh, dan kolam araphaim yang sayang untuk Anda lewatkan. Kolam tangkap sangat digemari anak-anak karena mereka bisa bermain sambil belajar menangkap ikan. Sementara kolam araphaima membuat pengunjung seperti berada di dalam laut karena terdapat ikan-ikan super besar yang meliuk-liuk di dalamnya bahkan lengkap dengan pemandangan terumbu karang yang luar biasa indah.

 

Welcome to Bird Park “Taman Burung” Gembira Loka Zoo

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN