Mohon tunggu...
Rian Umbu
Rian Umbu Mohon Tunggu... Penulis Jalanan

Menulis Membuka Pikiran Baru

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Orang Sumba Kenakan Busana Adat Alor, Artinya?

22 Juni 2019   18:03 Diperbarui: 22 Juni 2019   18:37 0 0 0 Mohon Tunggu...
Orang Sumba Kenakan Busana Adat Alor,  Artinya?
Seragam laki-laki dan Perempuan adat Alor

Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. Budaya Indonesia tidak hanya mencakup budaya asli bumiputera, tetapi juga mencakup budaya-budaya pribumi yang mendapat pengaruh budaya Tionghoa, Arab, India, dan Eropa.

Dalam tulisan ini,  penulis akan menceritakan sedikit bahwa dalam penggunaan busana adat suku lain juga bagian dari lambang persaudaraan..yuk... Simak kisahnya.

Nusa Tenggara Timur(NTT) selain kaya akan alam wisatanya, juga memililiki keunikan budaya yang sangat sempurna. Dimana pakaian adat tradisional yang dikenakan tentu memiliki motif ataupun nilai yang berbeda-beda.

Namun dalam perbedaan ini,  bukan berarti menjadi alasan untuk masyarakat NTT tidak saling menghargai. Apa lagi, beberapa hari terakhir dalam tulisan media online,  menuliskan bahwa NTT dikenal sebagai propinsi toleran di dunia.

Gadis Sumba Kenakan seragam laki-laki adat Alor/dokpri
Gadis Sumba Kenakan seragam laki-laki adat Alor/dokpri

Tampak terlihat,  seorang gadis asal Sumba dengan memancarkan senyum persaudaraan mengenakan pakaian adat alor itu. Uniknya,  ia pun mengenakan pakaian adat milik laki-laki dan berpose bersama kawannya yang menggunakan busana perempuan.

Artinya, rasa mencintai dan menghargai pun akan tampak terlihat. Selain itu,  tali persaudaraan akan semakin erat diantara suku-suku yang ada..!!

Gadis Alor kenakan seragam Perempuan Adat Alor/dokpri
Gadis Alor kenakan seragam Perempuan Adat Alor/dokpri
Dalam konteks ini juga dapat ditarik sedikit kesimpulan bahwa generasi muda sangat mencintai dan memaknai nilai-nilai yang ada dalam budaya dari berbagai suku.  Serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sosial. Sehingga dinamika-dinamika ataupun kerusuhan antar suku pun dapat terhindari.

Bagaimana tanggapanmu ketika ada kawan dari suku lain menggunakan busana adatmu??

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x