Mohon tunggu...
Ria Amelia
Ria Amelia Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pemanfaatan Aplikasi Ruang Guru dalam Dunia Pendidikan

18 Juli 2018   23:51 Diperbarui: 22 Juli 2018   17:57 7641 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Di era modern seperti sekarang ini perkembangan teknologi semakin cepat dan canggih membuat semua orang mudah untuk mendapatkan atau menyebarkan informasi, berdiskusi dan saling berbagi pikiran antara satu orang dengan yang lain. Salah satunya yaitu telepon pintar. Di dalam telepon pintar terdapat aplikasi untuk mempermudah mencari informasi, selain itu juga dapat dilakukan untuk belajar, contohnya saja aplikasi ruang guru. 

Aplikasi Ruang Guru adalah aplikasi belajar dengan belajar terlengkap untuk segala kesulitan belajar. Ruang Guru menyediakan sistem tata kelola pembelajaran yang dapat digunakann murid dan guru dalam mengelola kegiatan belajar di kelas secara virtual. Dilengkapi dengan ribuan bank soal yang kontennya disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia, serta peralatan analisis hasil tes, pengguna dapat memanfaatkannya tanpa dipungut biaya.

Konten yang dimiliki aplikasi ruang guru mencakup SD, SMP dan SMA sesuai dengan kurikulum nasional dan dirancang khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman. Sedangkan yang dimaksud dengan dunia pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Dengan berkembangnya zaman ini, manusia sangatlah mudah untuk belajar dengan mudah dan cepat.

Disini kita dapat menyimpulkan bahwa Ruang Guru dalam dunia pendidikan adalah suatu tempat atau forum dimana semua orang mencari dan memberikan informasi, berdiskusi dan berbagi pikiran antara satu orang atau lebih hanya dengan bermodalkan perangkat seluler atau teknologi yang terhubung dengan internet. Adanya penggabungan antara aplikasi Ruang Guru dengan dunia pendidikan ini membuat siswa mudah untuk belajar dan menambah wawasan tentang berbagai ilmu pengetahuan.

Karena semua pembelajaran pada saat ini sangatlah mudah didapatkan dan diakses dimana pun kita berada, kita tidak perlu harus pergi ke perpustakaan sekolah maupun perpustakaan umum, datang dan bayar mahal untuk ke tempat les, namun kita hanya cukup menggunakan telepon pintar untuk belajar dan mencari informasi. Kita dapat menyimpulkan bahwa aplikasi ruang guru mampu memberikan edukasi terhadap anggota di dalam forum grup obrolan, para anggota dapat berkomunikasi sesama anggota, dengan guru untuk membahas sebuah permasalahan.

Di dalam aplikasi Ruang Guru terdapat berbagai latihan soal yang disusun berdasarkan topik mata pelajaran, dapat ditaklukan sambil menagkap monster-monster yang tersebar di setiap topik mata pelajaran. Konsep yang paling mutakhir yang tersedia pada latihan soal daring ini sengaja dihadirkan untuk menambah nuansa belajar agar semakin menyenangkan.

Belajar privat menggunakan aplikasi ruang guru dapat dilakukan kapan dan dimana saja dengan cara yang cukup mudah, yaitu dengan memotret soal yang sulit, mengunggah dan mengirim pesan atau telepon dengan guru secara online, membuat murid dapat semakin memanfaatkan penggunaan telepon pintar mereka. Sistem manajemen belajar Ruang Guru menyediakan panel dasbor dan data wawasan bagi pemerintah untuk mendukung pembuatan kebijakan berbasis data, dengan cara yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya.

Ruang Guru sebagai perusahaan lokal berkomitmen menjadi mitra pemerintah daerah untuk meningkatkan hasil akademis siswa di seluruh Indonesia dengan teknologi. Melalui pemanfaatan akses konten lewat perangkat mobile, Ruang Guru berusaha untuk memberikan konten pendidikan kelas dunia melalui teknologi kepada siswa dengan biaya lebih terjangkau daripada metode belajar konvensional.

Referensi:

http://ruangguru.com

Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Raya Grafindo Persada

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan