Wisata highlight

Yuk Melancong ke Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Lombok

20 Maret 2017   08:59 Diperbarui: 20 Maret 2017   09:11 799 6 3
Yuk Melancong ke Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Lombok
dokpri

Lombok, Pulau yang banyak orang salah tafsir akan asal katanya. Banyak orang yang berfikir bahwa Lombok itu cabe apalagi masyarakat suku sasak terkenal doyan masakan yang membakar mulut saking pedasnya. Namun sebenarnya “Lombok” berasal dari kata “lomboq” yang berarti lurus. Alkisah jaman dahulu Kerajaan Mataram Lama di Jawa Tengah yang dipimpin oleh permaisuri Pramudawardhani yang terkenal sebagai ahli pemerintahan dan menikah dengan Rakai Pikatan seorang ahli peperangan. Kombinasi kepiawaian keduanya menjadikan wilayah kekuasaan mereka tidak hanya ke Pulau Sumatera tetapi juga sampai ke timur ke Pulau Flores. Kala itu banyak sekali rakyat Mataram berlayar ke arah timur melalui Laut Jawa hanya dengan menggunakan perahu bercadik. Pelayaran panjang dan menempuh jalur yang lurus (lomboq) tersebut akhirnya tiba di sebuah pelabuhan. Itulah sebabnya disebut Pelabuhan Lombok hingga menjadi Pulau Lombok.

Eksotiknya Lombok ini memang tidak dapat dipungkiri. Pantai, danau, air terjun hingga pegunungan tidak ada habisnya untuk dinikmati. Nah, bagi traveler yang punya hoby naik gunung cocok sekali dengan objek wisata yang satu ini. Namanya Taman Wisata Alam “Gunung Tunak”. Objek wisata ini memang tergolong masih baru,,,,,jadi belum punya nama setenar Gunung Rinjani. Namun panorama yang dinikmati dari Gunung Tunak ini tidak cukup dibahasakan dengan kata-kata.

Gunung Tunak ini terletak di Desa Mertak, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Di Gunung Tunak ini anda akan dimanjakan dengan panorama pantai selatan Lombok yang berpasir putih, tebing-tebing berdinding kapur, hamparan rumput hijau yang luas sejauh mata memandang, hutan pantai dan hutan dataran rendah. Dengan luas 1.200 hektare, Taman Wisata Alam ini terbentuk atas deretan bukit-bukit, yaitu Bukit Bungkulan, Bukit Kelor, Bukit Takar-akar, Bukit Pejanggik dan Bukit Batujangak serta dibatasi oleh Teluk Bumbang di barat-utara dan Teluk Awang di bagian timur. Lekuk-lekuk teluk terbentuk oleh tebing-tebing yang curam yang diselingi oleh pantai berpasir. Di daratan, terbentang padang rumput dan hutan dataran rendah yang luas. Sedangkan di beberapa sudut pesisir Gunung Tunak terbentang hamparan terumbu karang menjadi pemikat para penyelam.  Beberapa tumpukan batu di tepi tebing juga tidak lepas dari sasaran para pemancing.

Daerah yang terletak di ketinggian 0-105 mdpl ini punya daya tarik tersendiri, terutama bagi anda penikmat tantangan. Untuk sampai di daerah ini, Kita menuju ke arah Kuta. Ketika sampai di bundaran intersection,belok kiri dan lusus ke depan sekitar 10 km sampai ketemu dengan jalan masuk menuju WTA yang berada di sebelah kanan jalan. Dari sinimasuk ke kanan dan lurus saja sekitar 3 km sampai di Pantai Tunak. Dari pantai ini anda ikuti jalan tanah pinggir pantai. Setelah menusuri jalan sekitar 500an m anda akan menjumpai jalan menanjak untuk bisa sampai di gerbang utama TWA Gunung Tunak. DI gerbang inilah anda harus membayar retribusi 2.500 s.d  5000 saja guys.  Nah dari sini ni petualangan anda dimulai, karena jalan yang akan anda lewati memasuki hutan Gunung Tunak. Jalannya masih tergolong bagus kok guys....Jalan yang akan anda lewati sepanjang 6 km. Tentu saja cukup menantang tapi udaranya yang seger abiz buat kita  g akan ngerasa bosen. Dan jangan khawatir, polisi hutan sering lalu lalang di kawasan ini untuk patroli lo, mantap kan.

Perajalanan panjang anda akan terbayar habis kalau sudah sampai di TWA Gunung Tunak. Pertama-tama anda akan disambut pantai yang luas. Tapi bukan ini yang biasanya traveler cari guys tujuan utamanya adalah bukit. Bukit yang keren abiz dengan view laut lepas, dihuni batu-batu karang yang menonjol ke laut, punya mercusuar pula bagus banget tu buat yang mau selfie.

Gimana? masih belum tertarik ke tempat ini? dimana lagi traveler bisa menikmati jungle tracking, swimming, pengamatan satwa, soft tracking bukit, fishing, camping, dan taking picture tentunya dalam satu paket. Asal tau aja ya...di Hutan Gunung Tunak banyak banget hewan satwa yang jarang kita liat lo ada Gosong kaki merah, rusa, musang, elang, bondol, kera ekor panjang, ayam hutan merah dan hijau, punglor merah, tekukur, Walet, Srigunting bahkan udang biru dan merah yang g cuma enak diliat tapi lebih enak kalo dimakan hehehe


dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
 Tapi buat yang mau ke sana jangan lupa bawa bekal ya....coz belum adayang jualan makanan di sana.

Hayo guys, buktikan nyali anda dengan melancong ke TWA Gunung Tunak Lombok.