Mohon tunggu...
Rhoma unika
Rhoma unika Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN Jember

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Indonesia dalam Kungkungan Politik Oligarki

11 Oktober 2019   00:39 Diperbarui: 11 Oktober 2019   00:49 0 0 0 Mohon Tunggu...

Indonesia dalam kungkungan politik oligarki

Republik indonesia (RI) atau negara kesatuan republik indonesia yang lebih umum disebut Indonsia adalah negara di asia tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua asia dan australia , serta samudra pasifik dan samudra hindia indonesia adalah kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 kepulauan . nama alternatif yang biasa di pakai adalah NUSANTARA , dan indonesia adalah negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia dan negara yang berpenduduk muslim terbesar di dunia ,dengan  lebih dari 230 juta jiwa .

                Bentuk negara indonesia adalah  negara kesatuan  dan bentuk pemerintahan  adalah Republik , dengan perwakilan rakyat , dewan perwakilan daerah dan Presiden yang terpilih secara langsung .ibu kota negara indonesia adalah Jakarta indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di pulau Kalimantan , dengan Papua nugini di pulau Papua dan Timoer leste di pulau Timur .

                Namun  pada saat ini menjadi kehawatiran rakyat sebab negara Indonesia terkunkung (terkurung) dalam politik oligarki. Oligarki merupakan sistem politik dimana pihak yang memerintah terdiri atas sejumlah orang atau sekelompok orang (kelompok elit) . sekelompok tersebut dalam menjalankan pemerintahan selalu menggunakan segala cara agar rakyat dapat dikendalikan dan dikekuasai nya , dalam artian lain secara analogika para pemerintah ingin menjadikan rakyat sebagai kaki tangan tanpa memperdulikan hak rakyat dalam negeri ini.

Padahal negara indonesia adalah negara demokrasi dimana kekuasaan tertinggi di pegang oleh rakyat namun karna adanya politik oligarki rakyat oleh pemerintah dijadikan alat untuk mencapai tujuan kelompok elite , sehingga tujuan yang menyangkut kesejahteraan rakyat , keadilan , dan ke merdekaan perorangan  biasanya tidak dapat (suli) di wujudkan . sebagaimana ,contoh : dari negara yang menganut politik oligarki pada masa islam adalah negara yunani kuno dan pada masa sekarang negara negara komunis, yang dalam kenyataan nya negara dikendalikan oleh anggota anggota presidium yang kemudian mendelegasikan kepada sekertaris jendral dan wakil-wakil nya.

                Dan dapat kita simpulkan Indonesia yang saat ini terkungkung (terkurung) dalam politik oligarki sudah sangat menyalahi konsep demokrasi , dimana seharusnya rakyat adalah pemegang kekuasaan tertinggi , dengan politik oligarki pemerintah menjadikan rakyat sebagai cara untuk mencapai tujuan mereka dalam meraih kekuasaan dan tujuan kelompok elit.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x