Mohon tunggu...
Rezy Refro
Rezy Refro Mohon Tunggu... Relawan - Laki-laki

suka menulis dan membaca. // instagram : @refrorezy

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Membaca adalah Energi yang Mencintai Kehidupan

21 Juli 2018   00:25 Diperbarui: 21 Juli 2018   00:48 731
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(exceedingreading.com)

Membaca menjadi EnergiBaik bagi pengalaman kehidupan diriku. Awalnya aku tidak suka membaca; koran, majalah, dan buku sekolah sekalipun, menyebalkan. Tapi setelah aku lulus sma segalanya justru berputar 180 derajat.

Walaupun sudah lama aku menginginkan untuk bisa merasa senang ketika sedang membaca. Tapi sulit sekali. Hal yang terjadi adalah mengantuk atau mengalihkan ke permainan lain. Aku tidak mengerti kenapa tiba-tiba bisa jatuh cinta dengan aktivitas membaca. Mungkin memang kehidupan diriku sedang kesepian (sedikit menjalin pertemanan) atau bisa juga dikarenakan oleh rutinitas kehidupan yang membosankan. Semoga saja bukan karena patah hati. Huehue

Sampai akhirnya aku sendiri berpikir "kehidupan sangat membosankan". Dari pikiran tersebutlah aku mulai mencari cara untuk mencintai kehidupan yaitu dengan memberikan EnergiBaik kepada diri sendiri melalu aktivitas membaca.

Aku tipe pembaca yang tidak memilih -- milih genre bacaan tertentu yang harus dibaca. Segala jenis buku entah itu fiksi atau non-fiksi, majalah atau koran, semua aku baca. Maka begitu banyak wawasan yang masuk dikepala diriku seperti sebuah energi baru.

Alhasil dengan membaca banyak jenis bacaan, maka aku mendapat wawasan yang lebih luas dan beragam.  EnergiBaik yang aku dapatkan adalah mampu membicarakan banyak hal dengan orang lain dengan topik pembicaraan yang beragam pula. Menarik sekali bukan?

Pernah ketika pagi hari, aku mampu membicarakan tentang Etika Lingkungan bersama dosen karena buku yang telah aku baca semalam. Lalu siang hari bertemu dengan teman -- teman dengan tema pembicaraan juara piala dunia 2018 dan aku mampu mengikuti pembicaraan tersebut karena koran digital yang kubaca pagi hari. Mungkin jika aku tidak membaca saat itu, maka yang terjadi adalah aku hanya bisa diam dan mendengarkan karena tidak mengerti apa-apa.

Karena kehidupan diriku yang membosankan dengan banyaknya waktu luang yang sangat jarang digunakan untuk kegiatan produktif, maka aktivitas membaca telah memberikan EnergiBaik berupa rasa semangat dalam menjalani kehidupan. Seakan-akan aku mulai menikmati kehidupan yang sebenarnya.

Yang biasanya aku sering bermalas-malasan di kamar tidur, sekarang aku gunakan untuk membaca. Aktivitas membaca tersebut telah merubah sifat malas dan tidak bersemangat menjadi EnergiBaik untuk bersemangat menjalani kehidupan sehari-hari.

Akhir-akhir ini sering sekali muncul oknum / seseorang yang menyebarkan berita hoax di media sosial dan tidak sedikit dari sahabat-sahabat kita yang begitu mudah terpancing amarah lalu seketika mengeluarkan emosi yang berlebihan, bahkan sampai mengeluarkan kata-kata yang tidak sepatutnya.

Kenapa terlalu mudah emosi? Menurutku karena tidak adanya energi yang baik untuk bersikap tenang. Maka yang aku dapatkan dari aktivitas membaca adalah mampu bersikap tenang dan mengontrol emosi. Karena dengan membaca aku lebih bijak dan sabar mengambil kesimpulan dari sebuah tulisan/berita.

Membaca telah menjadi EnergiBaik untuk diriku pribadi dan membuatku mencintai kehidupan. Membuat diriku mampu bergaul dengan banyak teman, meningkatkan semangat dalam beraktivitas, dan menjadikan pribadi yang sabar dan tenang dalam menghadapi segala kondisi.

Semoga dengan membaca pengalaman pribadi diriku, kalian akan menerima EnergiBaik untuk menjalani kehidupan sehari-hari. J

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun