Mohon tunggu...
Rezya salsabela
Rezya salsabela Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Kedokteran

KKN Tim II UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Tim II Undip Mengadakan Webinar Bertemakan "Isolasi Mandiri Covid-19 di Rumah"

5 Agustus 2021   18:46 Diperbarui: 5 Agustus 2021   18:59 126 0 0 Mohon Tunggu...

Semarang (17/7) -- Pandemi COVID-19 terus meluas di negara Indonesia tercinta maraknya kasus COVID-19 di Kota Semarang menyebabkan Ruang Isolasi Mandiri di Rumah Sakit dan lokasi yang disediakan Pemerintah Kota Semarang terisi penuh. Oleh karena itu banyak masyarakat yang dianjurkan oleh Pemerintah Daerah untuk melakukan Isolasi Mandiri di Rumah. Sebagai penunjang isolasi mandiri, masyarakat memerlukan informasi aktual berupa Panduan Isolasi Mandiri di Rumah yang Aman dan Nyaman. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat paham akan pentingnya isolasi mandiri di rumah dengan aman dan nyaman serta pentingnya menjaga protokol kesehatan.

Isolasi mandiri di rumah bertujuan untuk memutus rantai penularan COVID-19 yang ditujukan oleh pasien terkonfirmasi COVID-19 dan tidak beresiko tinggi seperti bergejala ringan atau tanpa penyakit penyerta serta lingkungan rumah yang mendukung seperti ruang kamar yang digunakan untuk isolasi harus beda kamar dengan pasien yang sehat, kamar mandi idealnya harus terpisah akan tetapi jika tidak memungkinkan maka usahakan ada sirkulasi udara dan harus dibersihkan secara rutin dengan air & sabun atau desifektan, peralatan makan minum dan mandi harus terpisah dengan pasien yang sehat, serta pasien positif dianjurkan untuk rutin berolahraga dan berjemur.

Mahasiswa Kedokteran Universitas Diponegoro yang sedang menjalani KKN Tim II UNDIP tahun 2020/2021 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro mengadakan webinar gratis seputar Isolasi Mandiri COVID-19 dan protokol kesehatan. Acara ini diselenggarakan  pada hari Sabtu 17 Juli 2021 pukul 09.00-11.00 WIB secara daring melalui aplikasi Zoom.

Dalam rangka melaksanakan webinar ini Mahasiswa KKN Undip asal Kota Semarang yang didampingi oleh Dosen Pembimbing KKN bapak Ari Wibawa Budi Santosa., ST., M.Si yaitu Rezya Salsabela dari Program Studi Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran mengadakan webinar dengan tema "Isolasi Mandiri Covid-19 di Rumah Dengan Aman dan Nyaman" bersama dua temannya yaitu Laila Rahma Milenia (Kedokteran Gigi) dan David Indra Sanjaya (Teknik Industri) yang diikuti oleh masyarakat umum. Rezya memberikan edukasi tentang protokol kesehatan cara memakai masker dan 7 langkah cara mencuci tangan dengan benar.


Pada acara webinar tersebut berisi materi yang menarik untuk disampaikan dan juga pembicara yang tidak kalah menarik yaitu dr. Satrio Adi Wicaksono, Sp. An KAO selaku Ketua Diponegoro Disaster Assistance Response Team (D-DART) dengan topik "Isolasi Mandiri di Rumah", Bapak Arfian Nevi, S. KM, DEA selaku Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Provinsi Jawa Tengah Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dengan topik "Protokol Penyiapan Isolasi Mandiri Berbasis Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19" dan Bapak Ari Wibawa Budi Santosa., ST., M.Si dengan topik "Peran Mahasiswa Dalam Masyarakat di Masa Pandemi" yang dihadiri lebih dari 70 peserta. Selain materi benefit yang didapatkan yaitu peserta webinar mendapatkan sertifikat, e-booklet dan pembagian doorprize.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN