Mohon tunggu...
Rezky  Metra Satrio
Rezky Metra Satrio Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa di Fakultas Ilmu Komunikasi UHAMKA

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

"Harajuku" di Sudirman

13 Juli 2022   15:03 Diperbarui: 13 Juli 2022   21:11 134 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Image Ilustrasi fenomena ABG Citayam di Sudirman (Foto: Tangkapan layar YouTube Sipasan Channel) 

Harajuku merupakan sebuah nama distrik yang berada di Shibuya, kota Tokyo, Jepang. Distrik ini dikenal sebagai tempat berkumpul anak-anak muda yang bergaya eksentrik sejak tahun 1990-an.

Fenomena gaya berpakaian eksentrik ini terus berkembang hingga akhirnya dikenal dengan sebutan Harajuku Street Fashion. Sebuah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan remaja disana yang bergaya dan berjalan layaknya model professional.

Namun siapa sangka? Fenomena catwalk di distrik Harajuku kini hadir di Indonesia. Mengenakan pakaian dengan beragam mode dan tampilan eksentrik, remaja dari Citayam, Depok, dan Bojonggede berkumpul di Kawasan BNI City Sudirman, Jakarta, bak model professional.

Fenomena ini akhirnya dikenal warganet dengan sebutan "Citayam Fashion Week". Di lansir dari Tempo.co sebutan tersebut berawal dari postingan seorang pengguna Twitter @sofiaflorina. Dalam unggahannya, akun tersebut memuat foto dengan beberapa keterangan.

"Beberapa foto yang bertajuk 'Citayam Fashion Week' di kompleks Sudirman, Jakarta Pusat, Jakarta," tulisnya pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Mereka berkunjung ke kawasan tersebut untuk berkumpul bersama teman-teman. Beberapa di antaranya hanya ingin mejeng untuk menunjukkan penampilan terbaiknya. Roy misalnya, dilansir dari Kumparan.com, remaja tersebut sudah lama nongkrong di Sudirman. Ia bersama teman-temannya sudah berkunjung ke sana sejak satu tahun lalu untuk sekedar bermain atau membuat konten.

Banyaknya muda mudi yang berkumpul di Kawasan BNI City Sudirman dengan memamerkan outfit terbaik versi mereka menimbulkan pro dan kontra di kalangan warganet. Banyak warganet yang menyayangkan aksi muda-mudi tersebut, pasalnya masih banyak remaja yang membuang sampah sembarangan sehingga menodai citra Sudirman yang terkenal dengan kebersihan dan label "kawasan elit".

Tetapi tak sedikit juga warganet yang membandingkannya dengan Harajuku Street Fashion di Jepang dan menganggap kegiatan ini lebih bermanfaat daripada melakukan tindak kekerasan seperti tawuran.

Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan sendiri nampaknya tidak mempermasalahkan adanya fenomena ini, Ia mempersilahkan siapapun untuk dapat memanfaatkan ruang tersebut dengan syarat menjaga kebersihan.

laman instagram pribadi Anies Baswedan
laman instagram pribadi Anies Baswedan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan